Mengapa Padang dan Mentawai Belum Terapkan New Normal? Berikut Alasannya

Sumatera Barat – Sebagai Dua daerah tingkat II di Sumatera Barat, Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai masih belum menerapkan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) atau new normal.

Dilansir dari Lintas Sumbar, Kota Padang masih belum siap untuk melaksanakan tatanan kehidupan normal baru karena masih ada 1 klaster penularan Covid-19 yang belum sepenuhnya teratasi, yaitu Klaster Pasar Raya Padang yang telah mencatatkan 200 kasus lebih.

“Padang masih memiliki 1 klaster yang belum sepenuhnya teratasi, yaitu Klaster Pasar Raya (Padang),” kata Irwan Prayitno di Kantor Gubernur Sumbar, Minggu 7 Juni 2020.

Menurut Irwan, selain Klaster Pasar Raya, Kota Padang sebenarnya sudah berhasil menekan angka kasus Covid-19. Meskipun setiap hari masih ada tambahan kasus positif Covid-19 di Sumbar, tapi angkanya sudah mulai menunjukkan tren penurunan.

Irwan menambahkan, ia juga mendukung Kota Padang dapat menerapkan new normal pada 13 Juni nanti karena fasilitas kesehatan tenaga medis, kesiapan tempat wisata, rumah ibadah dan transportasi di Kota Padang sudah siap untuk memulai tatanan kehidupan normal baru.

Sementara itu Irwan menyatakan Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki persoalan yang berbeda dari Kota Padang sehingga mereka meminta waktu hingga 20 Juni untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang tersebar di banyak pulau sebelum menerapkan new normal.

Kemudian fasilitas kesehatan seperti rumah sakit di Kabupaten Kepulauan Mentawai juga belum baik untuk penanganan Covid-19. Sampai hari ini, seluruh rumah sakit di Kabupaten Kepulauan Mentawai belum memiliki dokter spesialis paru.

“Mentawai belum memiliki dokter spesialis parunya, karena Covid-19 ini yang diserang kan bagian paru, Jadi tanggal 21 Juni kita harapkan Mentawai bisa new normal,” ujar Irwan.

Sementara 16 kota dan kabupaten lain di Sumbar sudah siap menerapkan new normal mulai Hari ini, 8 Juni 2020, yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kota Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman.

Selain itu juga ada Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Dharmasraya, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung. Sedangkan untuk Kota Bukittinggi telah lebih dahulu menerapkan new normal yaitu sejak Senin, 1 Juni 2020.

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...