Mensos Tinjau Langsung Lokasi Gempa Pasbar

Mensos Tinjau Langsung Lokasi Gempa Pasbar

Pasaman Barat – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini secara langsung mencontohkan teknis pemasangan tenda pengungsi yang didesain untuk penanganan korban bencana berbasis keluarga, saat meninjau korban gempa di, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, pada Sabtu 26 Februari 2022.

“Tenda ini sangat praktis dan bisa dipasang oleh satu keluarga, karena sangat mudah memakainya,” ungkap Mensos Risma.

Tenda tersebut dikembangkan untuk kebutuhan korban terdampak bencana berbasis keluarga dengan ukuran lebih proporsional, desain lebih sederhana dan pemasangan lebih praktis, sehingga tidak terlalu berat dan mudah diberikan pada keluarga. Tenda ini telah diujicobakan pada mei 2021 lalu.

“Harini saya dan Tim langsung menyerahkan bantuan,” ungkap Tri Rismaharini.

Mensos juga melakukan pengecekan ke titik-titik kerusakan dan tenda pengungsian untuk menentukan tindakan lebih lanjut.

Di kesempatan itu, Mensos menyerahkan bantuan dari Gudang Regional di Palembang dengan bantuan logistik berupa pampers 300 paket dan makanan siap saji 2.000 paket.

Kemudian, sandang bayi 300 paket, pembalut wanita 300 paket, tenda gulung 300 unit, tenda keluarga 50 unit, kasur 300 unit, family kit 300 paket, veltbed 70 unit dan matras 300 paket.

Selain itu, juga ada air minum kemasan 100 dus, food ware 300 paket, selimut 300 lembar, tenda merah putih 4 unit, peralatan dapur keluarga 300 paket, kids ware 10 paket.

“Bantuan ini dari Gudang Palembang, langsung dikirim ke Pasaman Barat,” katanya.

Turut didampingi Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi serta Wabup Risnawanto dan OPD lainnya, Mensos juga menemui pengungsi di lokasi lainya.