Menteri Ida Fauziyah Tetapkan Upah Minimum 2022

Jakarta – Upah minimum pekerja akan ditetapkan Menteri Ketenagakerjaan sesuai ketentuan Undang-Undang Cipta Kerja mulai ditetapkan 2022.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah mengatakan, UU Cipta Kerja mengenai UMP masih berlaku.Salah satunya revisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang tengah diolah oleh pihaknya dengan empat aturan turunan dari UU Cipta Kerja.

Yang terdiri dari dasar dan tata cara penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), syarat penetapan UMK, formula perhitungan kenaikan UMP, ketentuan upah per jam minimal, ketentuan upah bagi usaha mikro dan kecil, dan persoalan dewan pengupahan.

“Dalam UU Cipta Kerja, UMP tetap berlaku. Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) pun sebenarnya tetap ada, namun terbatas alias dengan persyaratan,” ujarnya dikutip dari Tempo.co.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Pekerja, Purnomo menegaskan, yang dihapus dalam UU Cipta Kerja adalah Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK). Diganti dengan upah kesepakatan antara buruh dan perusahaan.

“Nanti ini akan kami diskusikan. Biasanya sektor yang menerapkan UMSK kenaikan upah per tahun sekitar 8 persen,” kata Purnomo.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...