Minang Geopark Cycling Explore Keindahan Alam, Ini Cara Daftarnya!

Minang Geopark Cycling Explore Keindahan Alam, Ini Cara Daftarnya

Padang – Mendorong bangkit wisata Sumbar, pegiat wisata menggelar Minang Geopark Cycling-Gowes Explore Matur, Kabupaten Agam, Minggu 19 Desember 2021.

Ketua Panitia Minang Geopark Cycling Delmiwardi menjelaskan, ada tiga rute menarik dalam iven yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat ini. Pertama, Rute Pendek yang cocok untuk keluarga dan pemula: Start/Finish Lawang Park- perkebunan tebu masyarakat- melihat proses gulo saka secara tradisional dan modern-perkebunan-Sawah.

“Rutenya memutar ke Lawang Park,” kata Delmi dalam keterangan tertulisnya, Kamis 16 Desember 2021.

Kedua, Rute Menengah yang cocok untuk komunitas sepeda: Start/Finish Lawang Park-perkebunan tebu masyarakat- melihat proses gulo saka secara tradisional dan modern-perkebunan-sawah-perkampungan penduduk-menerobos hutan- pemandian pincuran gadang dan Masjid Tua Cagar Budaya. Loading ke Lawang  Park.

Ketiga merupakan rute panjang yang cocok bagi pehobi sepeda karena melalui tanjakan panjang dan ekstrem. YakniStart/Finish Lawang Park-perkebunan tebu masyarakat- melihat proses gulo saka secara tradisional dan modern-perkebunan-sawah-perkampungan penduduk-pemandian pincuran gadang dan Masjid Tua Cagar Budaya-perkampungan rumah tua peninggalan Belanda-turunan dan tanjakan ekstrem-Puncak Benteng.

“Pada rute ini peserta bisa melihat lima gunung jika cuaca bagus. Loading ke Lawang Park,” katanya.

Delmi juga menjelaskan berbagai lomba juga akan digelar, yaitu lomba foto dan video. Bagi pemenang foto dan video nantinya, akan diberikan doorprize menarik.

“Keputusan pemenang sepenuhnya berada di tangan panitia,” tegas Delmi.

Sementara itu, Inisiator Iven Zuhrizul yang juga  ketua steering committee Minang Geopark Cycling mengatakan, iven ini tetap menerapkan prokes ketat. Semua peserta harus mematuhi standar prokes selama kegiatan berlangsung.

“Kita jadikan iven ini sebagai penguat imun, menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh serta menjadi awal untuk kebangkitan wisata Sumbar,” kata Zuhrizul.

Tokoh pariwisata yang akrab disapa Mak Etek ini berharap Iven seperti ini ke depan menjadi kegiatan para kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang ada di kabupaten dan kota.

“Target kita setiap pokdarwis bisa adakan minimal 2 iven setiap tahun dengan menggandeng sponshorship, perantau, bumnag dan lainnya. Sebab, iven yang hebat itu adalah iven wisata yang tidak tergantung dari dana pemerintah atau APBD, tapi mandiri. Namun pemda mesti dukung suksesnya kegiatan ini, seperti dalam hal keamanan, petugas medis, hadiah dan lainnya. Apalagi yang menikmati dampaknya adalah masyarakat di daerahnya,” jelas Zuhrizul.

Bagi peserta yang ingin mendaftar perorangan atau grup, peserta bisa klik link berikut :

https://forms.gle/6FWGzZ1ZjK14vBNw8 dengan insert pendaftaran hanya Rp50 ribu sudah termasuk makan siang dan doorprize.

Sementara untuk lomba foto dan vidio, para peserta mengupload foto dan video di IG masing masing dengan  memfollow dan Tag IG: @minanggeoparkcycling, @official_lawang_park serta membuat hastag #minanggeoparkcycling dan #gowesexplorematur.