Musim Hujan, Tips Buat Bunda Untuk si Kecil

bayi.ilustrasi_realshopaholiccom
bayi.ilustrasi_realshopaholiccom

Peringatan dini cuaca Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (7/10/2017) masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir atau kilat di wilayah Pasaman Barat, Kepulauan Mentawai (Siberut), Pesisir Selatan (IV Jurai, Batang Kapas, Sutera), Limapuluh Kota (Kapur IX, Mungka, Bukit Barisan) dan sekitarnya.

Tidak hanya itu juga dapat meluas ke wilayah Kabupten Solok, Kota Bukittinggi dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.30 WIB.

Demikian lansiran prakirawan BMKG Minangkabau.Bahkan berpotensi dalam dua hari ke depan memasuki phase tiga atau disebut Madden Julian Ossilation phase 2 (MJO), sebut Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Padang Pariaman, Budi Iman Samiaji, Sabtu (7/10/2017).

Nah, musim hujan sudah barang tentu dapat memicu beragam penyakit. Itu tak jarang menyerang balita di bawah satu tahun. Ya, kenapa tidak karena daya tuhun selain menurun, kekebalan tubuh masih sangat lemah.

Berikut tips buat bunda yang sedang memiliki balita di rumah. Yuk, mari kita menjaga kesehatan si kecil saat musim hujan. Bunda harus mengenakan si kecil pakaian hangat, agar ketahanan tubuhnya tidak turun. Kemudian, bunda jangan lupa saat memandikan si kecil nan imut dengan air hangat suam-suam kuku. Ini penting buat bunda lho, karena saat musim hujan kulit si kecil acap kali kering dan terkadang gatal-gatal. Jadi, saat memandikannya atur suhu airnya, dan hindari menggunakan sabun.

Selimut buat si kecil juga terlalu tebal, lebih baik menggunakan kain hangat ringan tapi lembut, sehingga bisa menjaga suhu tubuh si kecil. Jika bunda memakaikan selimut tebal akan berdampak sindrom kematian mendadak atau SIDS. Nah, yang terakhir itu bunda jangan lupa berikan pelukan.

Dengan pelukan, bayi akan merasakan kehangatan dan merasa nyaman buat si kecil. Pelukan juga memberikan respon timbal balik, antara si kecil dan bunda. Pelukan juga memberikan rasa hangat sehingga si kecil dapat tidur pulas dalam pelukan bunda.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...