Padang Panjang Lakukan Vaksinasi Susulan Untuk Nakes

  • Bagikan
Dinkes Padang Panjang laksanakan vaksinasi susulan bagi kelompok ibu menyusui dan hipertensi. (foto: kominfo Padang Panjang)

Padang Panjang – Sebanyak 65 tenaga kesehatan (nakes) di Padang Panjang menjalani vaksinasi susulan di Puskesmas Koto Katik, Kamis 11 Maret 2021. Vaksinasi susulan ini dilaksanakan mengingat adanya revisi petunjuk teknis vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Drs. Nuryanuwar, Apt. M.Kes, MMR menjelaskan, penambahan jumlah nakes yang divaksin dilakukan setelah adanya revisi petunjuk teknis (juknis) sasaran vaksin ini.

“Pada petunjuk teknis sasaran vaksin pertama, ibu menyusui dan pengidap hipertensi tidak masuk dalam target sasaran vaksinasi. Namun setelah revisi, ibu menyusui dan hipertensi diperbolehkan untuk vaksinasi,” jelasnya.

Dinkes mencatat, setelah vaksinasi susulan dilaksanakan, persentase nakes yang divaksin telah melampaui target hingga 111% dari target awal.

Selain vaksinasi susulan bagi target baru, vaksinasi susulan kali ini juga ditujukan untuk nakes yang sebelumnya tertunda melakukan vaksin kedua pada tahap I.

“Sebelumnya penundaan tersebut, dikarenakan pada jadwal vaksin kedua, ada yang bermasalah pada kondisi kesehatan dan tidak memungkinkan untuk divaksin pada saat itu,” terangnya.

Terakhir, Nuryanuwar menyampaikan jadwal vaksinasi susulan bagi nakes akan terus berlanjut, dan akan berakhir apabila semua nakes selesai divaksin.

  • Bagikan