Palito Nyalo Pukau Penonton dengan Penampilan Seni Tradisi

Padang – Panggung seni Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji dimeriahkan Kelompok Seni Tradisi Palito Nayalo, Jumat malam 28 Agustus 2020. Pada hari kedelapan  sekitar 20 personel kelompok seni Palito Nyalo pukau penonton dengan aksi penampilan seni tradisinya.

Diketahui dalam kegiatan ini digawangi master ceremoni (MC) Syahrul Fadli, yang selalu mengingatkan pelaku seni dan penonton selalu memperhatikan protokoler kesehatan (Prokes) Covid-19.

Ketua Panpel PKPEK 2020 Indra Mairizal Rj Bujang mengatakan, kegiatan ini terlaksana dari Pokir anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Sumbar, yang berkolaborasi dengan anak nagari Pauh IX yang tergabung dalam organisasi nagari, Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX.

“Selain itu kegiatan ini terlepas dari memberdayakam ekonomi pelaku seni dan budaya yang selama ini terdampak Covid-19,” ujar Indra.

Indra juga mengatakan, kegiatan ini juga tak terlepas membangkitkan sisi ekonomi di sekitar Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji ini. Serta semangat melestarikan nilai nilai seni dan tradisi nagari di Minangkabau.

Ketua Kelompok Seni dan Tradisi Adat Budaya Minangkabau Paliti Nyalo Dasrul Mangkudum Sati mengatakan, malam ini kelompok seni nya menampilkan garapaan galatik anak nagari.

“Yang merupakan kolaborasi musik talempong, gandang tambua, yang menggambarkan keberagaman masyarakat Pauh V di era kemajuan saat ini,” ujar Dasrul. 

Dasrul menambahkan, kemudian juga menampilkan randai, dengan judul naskah bertajuk Maelo Rambuik Dalam Tapuang, serta penampilan saluang dendang, talempong goyang. Dengan paket pertunjukan tiga jam panempilan. Dalam penampilan juga diramaikan tari uwai uwai, tari sampan dan tari piriang.

Kelompok Seni Tradisi Adat Budaya Minangkabau bermarkas di Koto Panjang Limau Manih Kecamatan Pauh Kota Padang.

Kelompok seni ini berdiri 1989 oleh Jamaluddin Umar Rj Kuaso, Bakri, Amri. Kini diwarisi generasi kesembilan yang dikomandoi Dasrul Mangkudum Sati.

Kelompok sendi digawangi 35 orang, namun yang tampil di PKPEK 2020 dibawakan 20 personel. Pernah tampil di Bangkok Thailand 2017 dalam Festival Seni Kreasi Melayu Serumpun. Juara nasional festival media tradisional dihelat Kominfo RI di Palembang Sumsel tahun 2018.

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...