Peduli Pendidikan, KIC Berikan Apresiasi Komitmen Pemerintah Agam

Agam – Katadata Insight Center (KIC) melalui Indeks Kinerja dan Efektivitas Pengelolaan (KELOLA) 2020, menilai Kabupaten Agam layak menerima apresiasi kategori Ketepatan Alokasi Pendidikan.

Sebanyak 37,39 persen APBD 2019 diberikan untuk sektor pendidikan itu sebagai bukti bahwa Pemerintah Agam komitmen dalam dunia pendidikan.

Pjs Bupati Agam, Ir. Benni Warlis, MM mengatakan, sektor pendidikan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Agam dari tahun ke tahun.

“Ini menunjukman bahwa Pemerintah Kabupaten Agam sangat berkomitmen dalam sektor pendidikan,” ujarnya saat audiensi virtual bersama tim KIC pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Sejumlah inovasi telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kabupaten Agam yang tertuang dalam RPJMD 2019-2022.

“Kabupaten Agam komit untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, beriman dan berkarakter,” ucap Benni Warlis.

Perhatian khusus yang diberikan KIC terhadap sektor pendidikan Kabupaten Agam, diapresiasi olehnya sebab hal tersebut dengan kesediaan menerima sumbang saran yang membangun dan berharap adanya kerjasama yang berlanjut.

“Sumbang sarannya sangat dibutuhkan, kemudian kita juga terbuka untuk berbagi data yang dibutuhkan Katadata demi kemajuan dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Agam,” tuturnya.

Vice President Strategic & Business Development, David Liputra Herlambang mengatakan, bentuk apresiasi yang diberikan kepada sejumlah kabupaten dan kota merupakan pemberian ruang kepada kepala daerah yang berprestasi.

Indeks KELOLA merupakan salah satu cara untuk mengukur efektifitas daerah dalam mengalokasikan anggaran untuk tujuan pembangunan di pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan perekonomian.

“Melalui Indeks KELOLA, Katadata ingin memberikan apresiasi sekaligus memunculkan tokoh-tokoh dari daerah yang sukses mewujudkan pembangunan di segala bidang,” ulasnya.

Pihaknya juga menyebut Kabupaten Agam sudah masuk ke dalam Databoks yang dikelola Katadata. Namun, data tersebut belum komprehensif, oleh sebab itu ia berharap Kabupaten Agam untuk menyampaikan data-data yang menarik untuk diketahui publik.

“Sehingga user databoks bisa mengetahui lebih jauh potensi dan prestasi Kabupaten Agam,” ujarnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...