Pemerintah Produksi Informasi Publik, Kecuali Rahasia Negara

Padang – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sudah 10 tahun jadi kepal daerah tidak ada yang dirahasiakan pada setiap program dan anggaran daerah. Pasalnya Pemerintah merupakan akses produksi informasi publik.

“Informasi Publik adalah keniscayaan yang harus dilaksanakan. Tidak ada yang saya rahasiakan dalam tugas selama 10 tahun ini,” ujarnya pada, Senin, 2 November 2020 di Suaso Restoran dihadiri 25 anggota FJKIP Sumbar.

Ada yang tidak boleh dibuka yaitu rahasia negara.

“Untuk pemerintah daerah mana ada yang dirahasiakan dalam pembangunan dan mensejahteran masyarakat,”ujar Irwan.

Irwan Sumbar mengatakan, merebut prediket informatif 2019 setelah jajaran pejabat di Pemprov Sumbar dan PPID Utama memahami arti penting keterbukaan informasi publik.

“Termasuk membangun sisitem dalam online untuk memberikan akses informasi publik yang dihasilkan Pemprov Sumbar,” ujar Irwan.

Irwan mengapresiasi adanya kerja sama dan  sinergisitas KI dengan wartawan.

“Karena wartawan itu kunci dari penyebaran informasi publik yang merupakan tugas KI mengawalny. Bukan karena komisioner KI ada wartawan tidak tapi ada kontak erat tugas antara Komisioner KI dengan jurnalis. Apalagi ada FJKIP yang diiniasi KI Sumbar,”ujar Irwan Prayitno.

Ketua KI Sumbar Nofal Wiska mengatakan adanya workshop ini menjadi sharing tugas dna fungsi KI Sumbar dengan jurnalis.

“Ini bagian dari membangun kemitraan strategis KI dengn pers, kegiatan ini sudah dua tahun berjalan, Allhamdulillah program ini disupor oleh Komisi I DPRD Sumbar,”ujar Nofal.

Sementara pembicara diworksho ada Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dan Akademisi FISIP Unand Ilham Aldelano Azre.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...