Pemerintahan Zul Elfian – Reinier Berakhir, Pemko Gelar Apel Perpisahan

  • Bagikan

Solok Kota – Pemerintah Kota Solok mengelar apel gabungan di halaman Balaikota Solok Selasa 16 Februari 2021 Dalam rangka pamit, perpisahan Wali Kota Solok Zul Elfian dan Wakil Wali Kota Solok Reinier yang berakhir masa jabatannya terhitung di 17 Februari 2021.

Didampingi Sekretaris Daerah Syaiful, Wakil Wali Kota Solok Reinier, Wali Kota Solok Zul Elfian bertindak selaku Pembina Apel dihadapan seluruh peserta apel, yang terdiri dari seluruh pejabat struktural dilingkungan Pemerintah Kota Solok. Zul Elfian menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran yang relatif lengkap pada pelaksanaan apel dihari terakhir masa bhakti periodenya bersama Wakil Wali Kota Solok Reinier.

“Terima kasih saya ucapkan atas kehadiran bapak ibuk pada pagi ini, yang saya nilai relatif lengkap. Sengaja pagi ini tidak semua pegawai hadirkan, terbatas pada unsur pimpinan saja. Mengingat kita masih masa pandemi Covid-19, tentunya lebih menjaga dan menjadi panutan bagi masyarakat. Oleh karena itu besar harapan kehadiran bapak ibuk unsur pimpinan merupakan keterwakilan seluruh pegawai di setiap OPD. Dengan harapan kami, pesan dan salam hangat kami dapat bapak ibuk sampaikan kepada seluruh pegawai yang ada dilingkup bapak ibuk masing-masing,” kata Walikota Solok Zul Elfian.

Dalam kesempatan itu, Zul Elfian menyampaikan bahwa kehidupan adalah sebuah proses, ada yang datang dan pergi, ada awal dan ada akhir. Oleh karena itu, pada apel pagi ini sengaja Walikota bersama Wakil Walikota Solok hadir apel bersama.

“Alhamdulillah, apel dihari terakhir kami bekerja dengan pak Wakil Walikota banyak yang hadir. Hari ini kami berdua masih merasa dianggap, hari ini bertepatan dengan tanggal 16 Februari, masa jabatan kami telah berakhir. Tidak terasa sudah hampir 5 tahun kami dengan bapak ibuk ASN Pemerintah Kota Solok berjuang bersama demi lebih baiknya kota yang kita cintai ini. Memang bukan sebuah perjalanan singkat, dalam prosesnya tentu saja banyak pelajaran yang bisa kami petik, dan apa yang telah kita capai hingga detik ini, tidak lepas dari peran bapak ibuk semua,” kata Zul Elfian.

Lebih lanjut Zul Elfian menyampaikan bahwa ASN merupakan bagian dari pemerintah. Wali Kota dan Wakil Wali Kota tidak bisa bekerja sendiri tanpa ASN. Maka kedepannya Zul Elfian sangat berharapkan seluruh ASN dapat lebih meningkatkan kinerja dan kedisiplinan, sebagai sebuah tanggung jawab yang tidak bisa diganggu gugat.

“Sudah banyak suka dan duka yang telah dilalui selama ini, kemudian suka dan duka itu telah menjadi kenangan dan kebersamaan pun akan berakhir. Apabila dalam kurun waktu 5 tahun ini, kami melakukan kesalahan baik yang disengaja atau tidak, kami mohon dimaafkan. Jangan ada dendam diantara kita. Saya bangga telah pernah bekerjasama dengan bapak ibuk semua. Semoga apa yang kita usahakan untuk Kota Solok yang lebih baik, dibalas Allah dengan pahala dan menjadi amal jahiriyah untuk kita semua. Apa yang telah kita capai, jangan menjadikan kita berpuas diri. Di depan masih banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan bersama,” kata Walikota Solok Zul Elfian.

Wakil Walikota Solok Reinier pada kesempatan itu juga mengatakan selama 5 tahun dirinya banyak main tunjuk, main perintah dan sebagainya.

“Mungkin saja ada yang sakit hati karenanya. Saya secara pribadi minta maaf kepada bapak ibu semua. Percayalah bahwa semua itu Saya lakukan karena saya ingin semua yang kita usahakan berakhir maksimal bentuk tanggung jawab atas amanah yang diembankan kepada saya,” kata Reinier.

Seluruh penghargaan yang telah dierima selama kurun waktu 5 tahun ini adalah sebuah pengingat bahwasanya harus tetap berlari untuk Kota Solok yang lebih baik lagi. Jangan pernah berhenti, jangan pernah berpuas diri, koreksi diri untuk segala kiritikan, tak mati hati ketika menerima pujian, selalu berinovasi yang terbaik.

Reinier juga menitipkan Kota Solok kepada Walikota, yang pada Pilkada Serentak 2020 lalu kembali diamanahkan oleh masyarakat untuk melanjutkan apa yang telah diimpikan.

“Bapak Wali Kota yang saya hormati, saya titip Kota Solok 5 tahun berikutnya kepada bapak. Semoga dalam kepemimpinan Bapak berikutnya, Kota Solok menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Saya percaya Bapak adalah orang baik dan memiliki niat tulus ikhlas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan masyarakat. Dan kepada bapak ibuk ASN yang saya hormati, teruslah bersemangat dan berdedikasi penuh dalam melaksanakan tugas. Walaupun sudah purna tugas menjadi Wakil Wali Kota Solok, besar harapan jalinan silaturahmi antara saya dan ASN Kota Solok akan tetap terjalin. Perpisahan ini hanya sebatas tugas, namun hati tetap badunsanak,” kata Reinier.

Pada kesempatan apel langsung dilakukan serah terima jabatan Wali Kota Solok kepada Sekretaris Daerah yang berdasarkan radiogram Plh Gubernur Sumatera Barat, sampai ada pelantikan Walikota terpilih. Untuk kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan di daerah bahwa ditunjuk Sekretaris Daerah untuk Pelaksana harian Walikota. Selain itu juga dilakukan penandatanganan berita acara aset rumah dinas Walikota dan Wakil Walikota Solok kepada Sekretaris Daerah.

 

  • Bagikan