Peminat BLK Membludak

Suasana pelatihan di BLK Padang
Suasana pelatihan di BLK Padang
Suasana pelatihan di BLK Padang
Suasana pelatihan di BLK Padang

PADANG, KABARSUMBAR — Calon peserta didik yang mendaftar di program pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang melebihi kuota. Jumlah pendaftar mencapai 430 orang, sementara kursi yang disediakan hanya untuk 176 orang.

“Antusiasme masyarakat sangat tinggi mengikuti program ini. Selain dari Sumbar, ada juga pendaftar dari Medan dan Riau,” ujar Kepala BLK Padang, Syamsi Hari.

Syamsul Hari memaparkan, BLK Padang menawarkan 16 keahlian di program pelatihan Gelombang II. Keahlian tersebut antara lain desain grafis, teknik mesin, operator pemesinan, dan sebagainya.

Mereka akan mengikuti pelatihan sekitar 2-3,5 bulan yang dilatih oleh mentor profesional. Lulusan nantinya berkesempatan ditampung dunia kerja karena BLK sudah bekerjasama dengan beberapa industri.

Syamsi Hari mengatakan, untuk menyiapkan tenaga profesional, prosesnya dimulai dari seleksi yang dilakukan pada 26 Juni 2018. Ada dua tahap di proses seleksi yaitu menguji soft skill dan hard skill.

Soft skill diuji oleh pihak ketiga sementara hard skill diuji oleh BLK Padang.

Norman Subekti, penguji softskill dari Konsultan ProPsychologi, mengatakan, ujian di soft skill adalah melihat motivasi calon peserta didik. Motivasi ini menentukan seseorang serius dalam belajar atau tidak.

Menurutnya, materi soft skill ini nantinya juga akan diajarkan setelah mereka dinyatakan lulus di program pelatihan. Materi tersebut pengenalan konsep diri, teknik wawancara, membuat CV, teknik komunikasi, dan pengetahuan gender.

Soft skill, sebutnya, perlu diajarkan karena menentukan seseorang diterima bekerja nantinya. “Percuma skillnya tinggi kalau sikapnya buruk,” ujarnya.

(Hijrah Adi Sukrial)