Pemkab Pessel Kembangkan Wisata Lokal

PESSEL, KABARSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan saat ini tengah mengembangkan objek wisata berbasis budaya lokal.

Adapun langkah itu diambil guna mengatasi kejenuhan para wisatawan terhadap objek wisata yang ada di Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel Hadi Susilo mengatakan, saat ini ada sejumlah objek wisata yang diandalkan, seperti wisata alam dan swafoto dengan latar belakang pemandangan.

Menurut Hadi, wisata berbasis panorama alam masih menjadi ikon tetapi akan dikolaborasikan dengan budaya lokal.

Berdasarkan analisisnya, wisatawan mancanegara lebih tertarik dengan wisata berbasis budaya.

“Misalnya, semua kegiatan wisata di Kawasan Mandeh dilanjutkan kekawasan wisata lainnya termasuk kawasa. wisata budaya seperti Rumah Gadang Mandeh Rubiah di Lunang,” kata Hadi di Painan, Jumat 20 September 2019.

Mengatakan pariwisata yang hanya mengandalkan panorama keindahan alam kompetitif. Artinya pada saat tertentu akan terkena imbas oleh waktu dan bersaing dengan daerah lain yang mengembangkan hal yang sama.

“Pariwisata yang berkelanjutan dan ke depan bisa menjadi andalan kami yakni pariwisata yang berbasis budaya,” katanya

Menurutnya, pariwisata yang berbasis budaya akan menarik karena tidak lekang oleh waktu. Wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan lebih tertarik pada wisata berbasis budaya daripada wisata yang berbasis murni panorama.

“Kalau wisata murni mengandalkan panorama alam, semua orang bisa menciptakan. Supaya wisata Pessel harus berbasis budaya supaya memiliki nilai lebih,” katanya.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...