Pemkab Tanah Datar Gelar Lomba Cipta Menu Beragam

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Dinas Pangan Perikanan Tanah Datar bersama Forikan Tanah Datar mengadakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba mewarnai gambar Ikan Tingkat Paud/TK se-Kabupaten Tanah Datar, Kamis (2/8/2018) di Gazebo Indo Jolita, Batusangkar.

Berbagai olahan makanan pun disajikan diacara tersebut yang sempat dicicipi oleh Emi Irdinansyah didampingi, Muhklis Asisten Pemerintahan, Yulfiardi Kepala Dinas Pangan Perikanan Tanah Datar, Cipta Prasad Kabid Konsumsi Keamanan Pangan Penguatan Daya Saing, Ny. Sri Bulan Hasibuan Ketua Persit Kodim 0307 TD.

Ketua Forikan Tanah Datar Emi Irdinansyah mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya mensosialisasikan konsumsi pangan B2SA untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat serta bentuk pengenalan ikan sedari dini sebagai sumber protein hewani yang memiliki gizi tinggi.

“Program tahunan ini terlaksana dengan baik berkat kerjasama antara pemerintah dan dinas terkait yang nantinya mampu mendorong masyarakat untuk menyajikan menu B2SA di bagi keluarga,” ujarnya.

Emi pun berharap, agar pemerintah dapat memberdayakan PKK Kecamatan, Nagari dan Jorong membuat menu B2SA untuk dipasarkan memenuhi kebutuhan snack di setiap acara pemerintahan sehingga nanti dapat membantu perekonomian keluarga.

“Begitu banyak olahan makanan yang tercipta dari keterampilan memasak peserta, rasa pun sangatlah enak, kita berharap dapat diberdayakan oleh pemerintah, ” ujar Emi.

Sebelumnya, mewakili Bupati Tanah Datar, Asisten Pemerintahan Muhklis mengatakan, potensi yang sudah dilakukan peserta untuk menciptakan menu yang beragam dapat menumbuhkan minat makan sehingga mewujudkan keharmonisan di tengah-tengah keluarga.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan pada saat ini, disajikan dengan bentuk menarik berbahan pangan lokal, salah satunya ikan yang kita ketahui mengandung protein tinggi baik untuk kesehatan,” kata Muhklis.

Dikesempatan yang sama Yulfiardi Kepala Dinas Pangan Perikanan Tanah Datar dalam laporannya mengatakan acara tersebut diikuti seluruh PKK Kecamatan, PKK Nagari dan murid Paud/Tk se Kabupaten Tanah Datar dengan dasar pelaksanaan Peraturan Pemerintah nomor 22 tahun 2009 tentang kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi B2SA, mendorong meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan B2SA berbahan ikan, membangun sumber daya keluarga untuk mengkonsumsi aneka jenis pangan dengan porsi yang seimbang, membudayakan menu ikan sebagai menu keluarga dan mengenalkan ikan sedari dini kepada generasi selanjutnya,” ujar Yulfiardi.

Sebelum penutupan acara pun dilanjutkan dengan penyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), lomba Masak Serba Ikan dan lomba mewarnai gambar Ikan Tingkat Paud/Tk.

Pemenang lomba B2SA yaitu Juara 1 kecamatan Batipuh Selatan, Juara 2 kecamatan Sungai Tarab dan Juara 3 Kecamatan Linatau Buo.

Sedangkan lomba Masak Serba Ikan yaitu Juara 1 Nagari Minangkabau, Juara 2 Nagari Tanjung Alam dan Juara 3 Nagari Labuah.

Kemudian pemenang dalam lomba mewarnai gambar Ikan Tingkat Paud/Tk se Kabupaten Tanah Datar antara lain Azelya Aufa dari Tk Lenggo Geni Sungai Tarab, Jasmine Tk Pertiwi Lima Kaum dan Hana Damia Yanil Tk Pembina Tanjung Emas.

[Rehan]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...