Pemko Padang Panjang Berikan 1.500 Vaksin Rabies Gratis !

Padang Panjang – Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang, Sumatera Barat memberikan vaksin rabies gratis untuk masyarakat setempat yang memiliki hewan peliharaan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Ade Nafrita mengatakan pemerintah daerah menargetkan vaksinasi diberikan untuk 1.500 ekor hewan penular rabies (HPR).

“Saat ini yaitu Oktober sampai November 2020 sedang berlangsung vaksinasi rabies. Kami target dalam waktu itu bisa tercapai vaksinasi untuk 1.500 HPR. Sampai sekarang sudah sekitar 1.000 ekor,” ujarnya.

Sasaran dari pemberian vaksin rabies yaitu pada HPR anjing, kucing dan kera.

Pemberian vaksin tersebut bertujuan untuk memberikan kekebalan pada tubuh hewan peliharaan dari penyakit rabies yang jika menular ke manusia dapat berujung kematian.

Pelaksanaan pemberian vaksin rabies gratis dilakukan bekerja sama dengan UPTD Puskeswan Kota Padang Panjang di mana warga dapat membawa langsung hewan peliharaan ke puskeswan untuk diberi vaksin secara gratis.

Selain itu pihaknya juga mendatangi kelurahan-kelurahan dan mendirikan posko pelayanan pemberian vaksin rabies gratis untuk hewan kesayangan milik warga.

“Agar lebih maksimal lagi, kami juga datangi langsung rumah warga. Jika ada yang pelihara hewan maka diberi vaksin,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa pencegahan rabies selain melalui vaksin juga dapat dilakukan dengan menghindari kontaminasi air liur hewan liar atau menghindari interaksi dengan hewan yang tidak jelas riwayat vaksinasi rabiesnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...