Pemko Padang Targetkan Seluruh Sekolah Sandang Status Ramah Anak

  • Bagikan
Foto : internet

Padang – Pihak sekolah harus memperhatikan tujuh indikator utama, terkait target Pemko Padang agar semua sekolah di ibu kota provinsi ini berstatus sekolah ramah anak.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Endrizal mengatakan 2021 ini, ditargetkan semua sekolah di Kota Padang sudah berstatus ramah anak.

Untuk diketahuim program ini sudah mulai digerakkan oleh beberapa sekolah sejak tahun lalu, dengan ditandai dengan adanya deklarasi di beberapa sekolah.

“Seperti tahun 2020 lalu, seluruh madrasah negeri melalui Kementerian Agama Kota Padang sudah mendeklarasikan madrasah ramah anak,” katanya.

Ia juga mengatakan, 2021 sekarang ini pun SMP negeri juga sudah berkomitmen untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Dan sudah 50 persen untuk tingkat SD hampir telah ikut mendeklarasikan sekolah ramah anak.

Terkait hal ini, ia juga mengatakan bahwa pihak sekolah pun harus mampu mewujudkan tujuh indikator utama dalam menyongsong sekolah ramah anak ini, yang telah ditekankan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang mengeluarkan tujuh indikator utama dan 70 indikator penilaian yang harus dipenuhi.

“Tujuh indikator utama tersebut meliputi lingkungan, kebijakan, kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan yang terlatih hak-hak anak, sarana dan prasarana sekolah yang ramah anak,” jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan partisipasi dari semua pihak hingga para alumni, demi terwujudnya  sekolah ramah anak ini.

“Selain didorong oleh pemko, ini harus jadi misi sekolah kedepannya. Bagaimana setiap sekolah bisa mewujudkan sekolah ramah anak dengan memenuhi setiap indikator yang telah ditentukan pemerintah pusat,” pungkasnya.

  • Bagikan