Pemko Payakumbuh: Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah Harus Mengacu Isu Nasional

Asisten I Pemko Payakumbuh Dafrul Pasi menegaskan, dalam penyusunan rencana pembangunan daerah harus mengacu pada isu nasional atau program pemerintah pusat dan propinsi.

“Rencana pembangunan yang kita kupas dalam musrenbang kecamatan ini harus disebutkan sumber pendanaannya, agar target dari perencanaan yang disusun bisa tercapai,” ungkap Dafrul saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Payakumbuh Timur, di Aula SKB Dinas Pendidikan,Rabu, (7/2/2024).

Lebih lanjut dijelaskan, dalam pembahasan rencana pembangunan juga harus jeli mencari dan menyesuaikan dengan isu-isu strategis yang menjadi program nasional sebagai sumber pendanaan. Seperti program pendidikan, kesehatan, perekonomian.

“Dan untuk rencana pembangunan atau program kegiatan yang bersandar pada APBD, kita juga harus menggandeng dan mengikutsertakan stakeholder lainnya karena keterbatasan kemampuan APBD kita,” imbuhnya lagi.

Ditambahkannya, aspek terpenting lainnya dalam Musrenbang kecamatan adalah menentukan skala prioritas program pembangunan di setiap kecamatan.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Timur Hepi, mengatakan, Musrembang tahun ini berbeda dengan Musrembang tahun- tahun sebelumnya karena terintegrasi dengan rembuk stunting. (Ikhlasul Ihsan)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.