Pemko Solok Gelar Rakor Bersama OPD

Solok Kota – Bertempat di Akmal Room Bappeda Kota Solok, Selasa (04/10), Telah menjadi rutinitas dilingkungan Pemerintah Kota Solok pasca pandemi ini, selepas melaksanakan sholat subuh berjemaah dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi (Rakor). Pagi ini rakor dipimpin langsung Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, didampingi Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra dan Sekretaris Daerah Syaiful.
Rapat koordinasi yang dipandu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Nova Elfino dihadiri para Asisten Sekda, Staf Ahli Wako, seluruh Kepala OPD, Kepala Bagian lingkup Setda, Direktur PDAM, menitikberatkan terkait evaluasi pelaksanaan program kegiatan yang telah menjadi fokus pada rakor sebelumnya yakni diantaranya percepatan pembebasan sisa lahan jalan lingkar utara, pengerjaan stadion Marahadin, revitalisasi pasar raya, pembenahan pulau belibis. Disamping itu juga evaluasi pelaksanaan event rang solok baralek gadang serta penanggulangan pasca bencana banjir luapan Sungai Batang Gawan.
Wali Kota dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas terselenggarannya kegiatan-kegiatan kota, salah satunya event Rang Solok Baralek Gadang. Selain itu, beliau juga apresiasi peran aktif dalam memberikan perhatian kepada masyarakat kita yang terdampak bencana.
“Saya bersama pak wakil apresiasi kita semua atas terselenggaranya dengan baik event Rang Solok Baralek Gadang yang mendapatkan perhatian dari Kementrian Parekraf, sehingga Insyaa Allah tahun depan didukung lagi. Kami juga apresiasi OPD terkait yang hadir disaat masyarakat kita terdampak bencana. Tetap kita perhatikan pasca bencana, apa yang perlu ditangani dengan cepat” ingat Wako.
Beliau juga ingatkan, dalam waktu dekat Kota Solok akan kembali diramaikan tamu dari luar, yakni menjadi tuan rumah peringatan Hari Pramuka tingkat Provinsi Sumatera pada tanggal 18-22 Oktober 2022. Setelah itu dilanjutkan MTQ tingkat Kota Solok.
“Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, saya yakin jika kita bersama apapun kegiatan dapat kita laksanakan dengan baik. Pesan saya, persiapkan dengan matang, masing-masing OPD untuk aktif mensukseskan setiap kegiatan yang dilaksanakan” tegas Wako.
Terkait percepatan program kegiatan, beliau kembali tekankan untuk jadi perhatian serius, mengingat sisa waktu yang mendekati dipenghujung tahun anggaran.
“Kita bekerja dengan semangat, sesuai aturan. Insyaa Allah jika sesuai aturan tidak akan ada masalah. Selain itu jangan hanya fokus membelanjakan anggaran daerah akan tetapi juga berfikir bagaimana menggenjot pendapatan” ingat Zul Elfian Umar.
Wawako dalam kesempatan itu, juga menyampaikan apresiasi atas perhelatan Rang Solok Baralek Gadang dan beliau mengucapkan terima kasih atas kolaborasi, kebersamaan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik.
“Tentunya tahun depan apa yang menjadi kekurangan tidak terulang kembali. Kami mengucapkan terima kasih atas kebersamaan kita dalam mendukung lancarnya kegiatan” ungkap Wawako.
Beliau juga mengingatkan OPD yang melaksanakan kegiatan-kegiatan fisik untuk serius, tidak hanya berfikir waktu namun juga kualitas dan aspek sosial kegiatan.
Menyikapi bencana banjir yang baru terjadi, Wawako juga mengingatkan untuk kembali dilakukan pemetaan kondisi drainase perkotaan.
“Mari kita gunakan APBD untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada, dengan menyiapkan perencanaan yang komprehensif” ungkap Dhani.