Pengurus Kwarcab 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman Baru Resmi Dilantik

Pariaman – Nasrul Abit sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar lantik dan kukuhkan Majelis Pembina Cabang (Mabicab) 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman masa bakti 2019-2024 di aula kantor walikota Pariaman pada Senin, 13 Juli 2020.

“Terima kasih kepada pengurus yang lama atas kinerja dan komitmennya membangun gerakan pramuka di Kota Pariaman. Selanjutnya, selamat kepada seluruh pengurus yang baru, selamat bertugas,” ujar Nasrul.

Menurutnya, pendidikan pramuka adalah salah satu yang bertanggungjawab terhadap pengembangan karakter bagi generasi muda. Implementasinya dapat terlihat tatkala menghadapi pandemi Covid-19.

“Karakter pramuka peduli sesama tampak ketika mereka sosialisasi dibeberapa daerah dan nagari. Adek-adek ini aktif terjun ke masyarakat, membagikan masker, memberi penjelasan apa itu social distancing, dan memberi pemahaman cara aman produktif COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar,” ungkapnya lebih lanjut.

Dalam kegiatan tersebut, Genius Umar dilantik sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pariaman yang baru.

“Sebagai bagian character building, pramuka dapat membangun bangsa lebih baik di masa depan. Semangat volunteer (kerelawanan) yang didapat dari pramuka bisa diaplikasikan dalam membantu sesama. Untuk itu, seluruh sekolah di Kota Pariaman saya instruksikan menggiatkan kembali gerakan pramuka,” ujar Genius.

Selain pendidikan karakter, Genius juga menginginkan fungsi pramuka sebagai pariwisata, dengan menghadirkan event-event nasional dan internasional kepramukaan di bumi Pariaman.

“Kita siap jadi tuan rumah event-event pramuka. Seharusnya tahun ini diadakan youth summer camp se-Asia Pasific, tetapi karena COVID-19, ditunda. Mudah-mudahan tahun depan dapat terselenggara,” pungkasnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...