Penjara Jadi Klaster Baru, 40 Narapidana Positif Covid-19

Padang – Kali ini muncul klaster baru penyebaran virus Covid-19 dari narapidana. Sebanyak 40 narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Padang dilaporkan positif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal membenarkan hal tersebut. Mereka diketahui positif setelah adanya hasil pemeriksaan swab di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand yang diumumkan pada Minggu, 1 November 2020.

“Bukan Lapas Kelas I A ya infonya, tapi Kelas II A Berok Muara yang ada positif Covid-19 tersebut,” katanya pada Senin, 2 November 2020.

Saat ini pihaknya telah melakukan tracing terhadap mereka yang positif Covid-19.

“Iya kita lagi tracing, untuk penyebarannya,” jelas Jasman.

Pelaksana Harian Lapas II A Padang Novri Abbas mengatakan, sebelumnya telah dilakukan tes PCR atau swab terhadap 46 narapidana yang ada di Lapas tersebut.

“Untuk sementara yang positif ada 40 orang, sementara yang 5 lain negatif, dan 1 orang invalid,” kata Novri di Padang.

Untuk memutus rantai penyebaran, para narapidana yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut telah dikarantina dalam satu ruangan dan tidak digabungkan dengan yang lainnya.

“Untuk 5 yang negatif tetap kita gabungkan dengan yang lain sejak awal. Karena kalau dipisah, khawatir ada rasa was-wasa dari napi lain,” jelasnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...