Perbaiki Irigasi Sawah, Pemkab Pessel Gelontorkan Dana 7 Miliar

Ilustrasi irigasi
Ilustrasi. Foto : Kompas

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) mengalokasikan dana sebesar Rp 7 miliar untuk perbaikan irigasi pengairan sawah sepanjang tahun 2018.

Kondisi ini sendiri didukung dengan ketersedian anggaran daerah dan kebutuhan perbaikan saluran irigasi pada daerah tersebut.

“Sesuai dengan visi-misi bupati kita dalam peningkatan infrastruktur yang berhubungan dengan masyarakat. Di sini kita akan selalu berusaha dan memperkuat kelembagaan dengan target program yang maksimal,” kata Kepala Dinas (Kadis) PSDA Kabupaten Pesisir Selatan, Doni Gusrizal, Kamis (18/1/2018).

Doni menjelaskan, sesuai dengan ketersedian anggaran, Pemkab Pessel menyediakan Rp 7 miliar untuk irigasi yang mengalami kerusakan.

Setidaknya, dengan anggaran tersebut, diharapkan bisa mengatasi perbaikan bertahap 20.400 hektare saluran irigasi di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Dari 20.400 hektare saluran irigasi yang mendampingi pengairan sawah petani di Pesisir Selatan, 51.64 persen dalam kondisi baik sepanjang 2017. Untuk tahun 2018, diperbaikan sekitar 2 persen dengan anggaran Rp 7 miliar dari jumlah yang telah diperbaiki,” jelas Doni.

Dikatakan Doni, mengingat kebutuhan penanganan perbaikan saluran irigasi pengairan sawah, pihaknya optimis meningkatkan pembangunan pada daerah tersebut.

Menurut Doni, meski anggaran untuk daerah terjadi pemotongan secara nasional.

“Kebutuhan ini kita mengandalkan DAK. Dari penanganan yang ada kita hanya bisa menangani di bawah 0-1000 hektare. Untuk 1000 hingga 3000 hektare itu ditangani pemerintah pusat dan provinsi,” tutup Doni.

Loading...

DomaiNesia

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...