Pertumbuhan Awan Konvektif Picu Cuaca Buruk Di Sumbar

PADANG, KABAR SUMBAR – Pertumbuhan awan konvektif di perairan Samudra Hindia yang bergerak hingga ke daratan Sumatera Barat memicu cuaca buruk seperti angin kencang dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di daerah itu.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Minangkabau, Yudha Nugraha dihubungi dari Padang, Jumat (9/8) menjelaskan dampak dari pertumbuhan awan tersebut diperkirakan terjadi hingga tiga hari ke depan.

“Beberapa daerah yang dilanda angin kencang yang disusul hujan mulai dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Solok, Kota Bukittinggi, dan KOta Padang,”katanya.

Berdasarkan pengamatan BMKG kecepatan angin maksimum mencapai 65 kilometer per jam atau 35 Knot.

Kondisi cuaca tersebut dapat dikategorikan sebagai angin kencang dan diperkirakan cuaca buruk berlangsung pada siang hingga sore hari dan sore sampai malam hari sel awan mulai hilang.

Oleh sebab itu pihaknya mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana seperti genangan air, longsor, banjir dan pohon tumbang.

“Bagi masyarakat yang beraktifitas di luar rumah jangan lupa membawa jas hujan,” ujarnya.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika terjadi perubahan cuaca di darat maupun wilayah perairan.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...