PHYC dan ACT Pasbar Lakukan Operasi Medis Gratis

PHYC dan ACT Pasbar Lakukan Operasi Medis Gratis

Pasaman BaratPasbar Health Youth Community (PHYC) bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pasaman Barat, mengadakan Operasi Medis Gratis dalam aksi Humanity Projects ke Jorong Tombang, Nagari Sinuruik, Kec.Talamau, Kab.Pasaman Barat. Humanity Projects tersebut diantara nya pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan. Para relawan kesehatan tersebut terdiri dari tenaga medis, dokter, apoteker, perawat dan para mahasiswa.

Aksi ini dilakukan tepatnya di Tombang Mudiak yang lebih kurang jumlah penduduknya sekitar 156 KK dan 100 KK di Batas Semut. Aksi mulia ini, merupakan agenda ke-4 yang dilaksanakan. Sebelumnya aksi tersebut sudah dilakukan ke berbagai tepian negeri di Pasaman Barat, diantara nya Maligi, Poros dan Panti Asuhan Talu.

Terkhusus di daerah Tombang, disana masih banyak masyarakat yang belum menyadari akan penting nya Sanitasi dan air bersih mendapatkan perhatian serius dari team yang berkunjung. Tujuan dari para team Relawan ini, yaitu untuk berkontribusi terhadap perbaikan kesehatan masyarakat di wilayah terpencil yang masih terancam kurang nya sanitasi dasar dan sistem air minum yang aman. Begitu pandangan kami terhadap desa tombang.

Dan Alhamdulillah, team PHYC dan ACT Pasbar disambut dengan antusiasme yang sangat positif dari warga setempat, hal ini dapat di bukti kan dengan berbagai pertanyaan yang di lontarkan masyarakat kepada anggota team Relawan yang hadir saat itu.

Berarti bisa kita simpul kan, bahwa masyarakat yang bertempat tinggal di daerah terpencil masih mempunyai rasa keingin tahuan yang tinggi dan juga mau terbuka dengan hal baru. Hal itu juga mengingat kan kita, terhadap tingkat pendidikan yang masih sangat rendah di daerah pedalaman sana, belum lagi akses jaringan yang benar-benar tidak memadai sama sekali. Kita sebagai team Relawan juga turut prihatin akan keadaan seperti itu.

Kehadiran Relawan yang bergerak dibidang kesehatan tentunya sangat membantu sekali bagi masyarakat, terutama masyarakat yang mengalami kesulitan akses dan biaya berobat. Setidaknya sebanyak 80 orang masyarakat yang mendatangi posko operasi medis dan sebagian masyarakat juga ada yang langsung dikunjungi ke rumah masing-masing, karena keadaan kesehatan yang membuat Pasien tak sanggup berjalan menuju posko.

“Alhamdulillah kami sudah melakukan 4 aksi medis gratis ke tepian Pasaman Barat dan beberapa kali juga dilakukan di Lapangan Kantor Bupati,” ujar Hamzah yang menjadi salah satu Founder PHYC.

Medan yang cukup sulit menuju tombang tak membuat semangat tim relawan menajdi surut, beberapa kali mereka harus turun dari mobil dan bersama-sama mendorong mobil yang kesulitan menembus jalan yang menanjak dan licin.

“Alhamdulillah, Tim ACT Pasaman Barat dapat bergabung dalam aksi mulia ini. kita tim relawan melihat bagaimana masyarakat tepian negeri sangat mengharapkan aksi-aksi seperti ini. Semakin jauh jalan yang di tempuh, semakin terbuka pula mata melihat realita yang dialami masyarakat,” ujar Agusriadi yang menjadi perwakilan Tim ACT Pasaman Barat dalam aksi tersebut.

Tim Humanity Projects ini menyampaikan bahwa aksi ini akan terus dilakukan dan disemarakkan.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.

Penulis: SofyanEditor: Meliana Gusti