Polisi Bekuk Sindikat Pembuat SIM Palsu

Sekitar 20 Buah SIM Palsu Sudah Diedarkan

Fhoto : Diduga memalsukan SIM, tiga orang tersangka diamankan Jajaran Reskrim Polres Tanah Datar. (DDY)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR.COM – Jajaran Satreskrim Polres Tanah Datar berhasil membekuk sindikat pembuat Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu. Alhasil, tiga orang pelaku diamankan dengan peran berbeda beda.

Masing-masing pelaku yakni Alfi warga Jorong Tiga Batur Nagari Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar. Selanjutnya Irwan sopir travel PT. PKJ yang diamankan di pull travel tersebut Jorong Kubu Rajo Nagari Lima Kaum dan Riri seorang warga Sawahlunto yang diduga sebagai perantara.

Kasat Reskrim Polres Tanah Datar AKP. Edwin kepada KABARSUMBAR.COM, Senin (03/09) di Batusangkar membenarkan jika pihaknya menangkap 3 (tiga) orang pelaku pembuat dan penguna SIM yang diduga palsu.

“Awalnya kita mendapat laporan jika salah seorang tersangka bernama Irwan memiliki SIM yang diduga palsu. Setelah melakukan penyelidikan, Irwan kami tangkap di full travel tempat ia bekerja,” ungkap Kasat Edwin.

Lanjutnya, dari pengakuan tersangka Irwan inilah pihaknya mendapatkan nama Riri yang berperan sebagai perantara kepada Alfi untuk dibuatkan SIM A Umum palsu dengan biaya Rp 250, padahal SIM A milik Irwan sudah habis masa berlakunya yang dikeluarkan oleh Polres Solok.

“Modus tersangka ini cukup nekat, dengan hanya bermodal sablon mereka bisa membuat atau menukar golongan SIM atau membuat SIM yang telah habis masa berlaku jadi berlaku kembali,” sebut Edwin.

Menurut pengakuan para tersangka kata AKP. Edwin, mereka sudah mengeluarkan 20 buah SIM palsu di wilayah hukum polres Tanah Datar dan menyita barang bukti alat sablon untuk pembuat atau merubah golongan SIM A menjadi A umum.

“Tersangka sudah kita amankan untuk kepentingan penyelidikan, untuk ketiganya kami akan jerat dengan pasal 263 kuhp tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman 6 tahun penjara,” pungkasnya. (ddy)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...