Proses Uji Kepatutan Calon Komisioner KI Sumbar Siap Dilaksanakan

Foto: Internet

Padang – Proses uji kepatutan bagi calon Komisioner Keterbukaan Informasi (KI) Sumatera Barat akan segera dilaksanakan dalam waktu 30 hari ke depan. Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi, berharap agar komisi terkait dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Menurut Supardi, uji kepatutan dan kelayakan akan berlangsung pada tanggal 19 hingga 20 Januari mendatang, dan dia berharap seluruh tahapan seleksi dapat berjalan lancar. Ia juga menegaskan bahwa tahapan seleksi akan dilaksanakan dengan menjunjung tinggi integritas dan independensi, meskipun ada beberapa calon yang memiliki unsur pemerintahan.

Supardi yakin bahwa nama-nama yang duduk sebagai Komisioner KI dapat dipertanggungjawabkan dan bekerja secara optimal sesuai dengan fungsi yang telah diatur dalam Undang-Undang. Ia menegaskan bahwa DPRD Sumatera Barat bersikap netral dan independen dalam menjalankan tes seleksi, dan Komisi I memiliki instrumen yang independen dalam menguji kemampuan calon.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPRD Sumatera Barat, Rafdinal, menyatakan bahwa komisi siap untuk menjalankan tahapan seleksi calon Komisioner KI periode 2023-2027, termasuk dalam hal ini uji kepatutan. Ia berharap bahwa KI Sumatera Barat dapat menjadi lembaga yang mampu memberikan penyiaran berkualitas bagi masyarakat Sumatera Barat.

Rafdinal menjelaskan bahwa salah satu tahapan seleksi di DPRD Sumatera Barat adalah fit and proper tes, yang merupakan tahapan akhir untuk melihat kemampuan dan kapabilitas seorang calon dalam mengemban amanah keterbukaan informasi jika terpilih nanti. Ia menegaskan bahwa DPRD Sumatera Barat akan menilai integritas dan independensi calon dalam menjalankan tugas sebagai Komisioner KI, dan akan menetapkan lima komisioner definitif setelah tahapan seleksi selesai dilaksanakan.

“Kami menjalankan uji kelayakan dan kepatutan, serta menilai integritas dan independensi calon. Akhirnya, DPRD akan menentukan dan menetapkan lima komisioner definitif,” ujar Rafdinal.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.