Puncak Festival 1 Muharram 1440 H, 20.000 Orang Ikuti Pawai Ta’aruf

Fhoto : Sekitar 20.000 orang santri dari TPA/TPSA, rumah tahfizd, ponpres dan siswa SD/MI ikuti apel besar dan pawai ta’aruf memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah. (Humas TD)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR.COM – Sedikitnya 10.000 an orang santri TPA/TPSA dan rumah tahfiz dan BKMT seluruh Tanah Datar mengikuti apel besar dan pawai ta’aruf sebagai puncak memperingati 1 Muharram 1440 Hijriah.

Apel santri terbesar sepanjang sejarah di Kabupaten Tanah Datar itu dipusatkan di lapangan Cindua Mato Batusangkar, Selasa (11/9) diikuti juga oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan dihadiri oleh Forkompinda, anggota legislatif DPRD, pejabat dilingkungan setdakab, Kepala OPD, Walinagari se Tanah Datar.

Kabag Kesra Setdakab Tanah Datar Afrizon mengatakan, dalam setiap tahun daerah memperingati tahun baru Islam yang jatuh pada 1 Muharram, namun tahun ini menjadi peringatan terbesar sepanjang sejarah di Tanah Datar.

“Dengan melibatkan para santri TPA/TPSA, siswa SD/MI, SLTP dan santri rumah tahfizd yang ada di Tanah Datar, peringatan 1 Muharram tahun ini betul-betul termaknai secara Islami,” ucap Afrizon.

Selama saya menjadi kepala daerah, bahkan semenjak wakil bupati, ini apel terbesar yang pernah saya ikuti, Allahu Akbar,” teriak bupati yang diikuti teriakan takbir santriwan/santriwati.

Ditegaskan, apel besar santri terbesar sepanjang sejarah Tanah Datar, menunjukkan semangat mewujudkan Tanah Datar yang madani sudah semakin berkembang dan menyemangati seluruh masyarakat Tanah Datar.

“Ke depan, pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan tetap memberikan penghargaan kepada anak-anak Tanah Datar yang berpestasi,” ucap bupati lagi.

Dalam apel besar ini ucap Afrizon, pemerintah daerah juga memberikan reward prestasi terhadap siswa SD/MI terbaik di masing-masing kecamatan, siswa-siswa SLTP/SLTA berprestasi di masing-masing sekolah.

Sementara itu, Bupati Irdinansyah menyebutkan jika dalam menyambut tahun baru Islam kali ini betul-betul membawa nuansa Islami, apalagi dengan kehadiran para santri rumah tahfizd, TPA/TPSA dan siswa pelajar yang ada di Tanah Datar, masyarakat juga ikut merasakan hal demikian.

“Kita tidak tidak hanya bereforia saja, namun juga berbagi dengan para santri-santri berprestasi, pemkab sudah menyediakan reward kepada 6 orang terbaik untuk penghafal alquran,” sebut Bupati.

Ia juga menghimbau kepada anak – anak usia dini untuk lebih diperhatikan oleh orang tua agar lebih memberikan pemaham agama yang kokoh kepada generasi penerus itu.

“Alhamdulillah, ini adalah sejarah buat Tanah Datar, bisa menghadirkan ribuan santri. Semua ini tentu berkat dukungan dan kerjasama semua pihak, sehingga rangkaian acara Syiar dan Festival Muharram berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan Festival Muharram 1440 Hijriah ini dilaksanakn selama 5 hari, yakni dari tanggal 07 hingga 11 September 2018. Dalam kegiatan pawai dan apel besar tersebut, diperkirakan diikuti oleh 20 ribu orang dari 887 TPA/TPSA serta 121 Rumah Tahfiz se Kabupaten Tanah Datar. (Ddy)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...