Resmi Ditutup, Berikut Poin Penting Rakernas Apeksi XV

Rakernas Apeksi XV. Foto: Internet

Padang – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) telah resmi ditutup. Kegiatan yang berlagsung hingga 10 Agustus ini menghasilkan beberapa poin penting.

Berikut poin penting tersebut, diantaranya:

1. Munculkan Semangat Kebangkitan Daerah Pasca Pandemi

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi menilai adanya semangat kebangkitan daerah pasca pandemi. “Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyambut baik capaian-capaian maupun rekomendasi yang dihasilkan Rakernas. Ini menjadi bukti bahwa Apeksi membantu daerah supaya ekonominya bergerak, seperti di Kota Padang hari ini,” tutur Mahyeldi.

Tentunya, poin ini perlu dirawat dengan kreatifitas dan inovasi.

2. Komitmen Pemerintahan Daerah dan Pusat.

Rakernas Apeksi XV telah menghimpun beberapa rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat, melalui Kemendagri. Hal ini disampaikan oleh Ketua Apeksi, Bima Arya.

Adapun rekomendasi diantaranya, upaya perubahan melalui berbagai regulasi dan kebijakan pemerintah pusat tetap sejalan dengan semangat otonomi daerah.

“Harus ada komitmen yang sama antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat,” jelas Bima.

3. Adanya Perputaran Uang hingga Rp 41,6 Miliar

Walikota Padang, Hendri Septa menyebutkan perhelatan akbar ini ikut berkontribusi membangkitkan perekonomian masyarakat Kota Padang. Sedikitnya, terjadi perputaran uang hingga Rp 41,6 miliar.

Kegiatan yang berlangsung dari 7 – 10 Agustus 2022 tersebut, tentunya masih banyak menghasilkan poin penting lainnya.