Rumah Makan Padang Sampe ke Luar Negeri ? Ini Keunikannya

Foto: Penyajian Makanan di Rumah Makan Padang

Padang – Pecinta kuliner Indonesia pasti sangat familiar dengan nasi padang dengan beragam fakta unik rumah makan padang yang menarik ditelusuri.

Kuliner Minangkabau ini sudah sangat terkenal kelezatannya, beragam varian menu yang disajikan di rumah makan padang seperti rendang, telur balado, dendeng sapi, ayam kalio, sendang lamur dan masih banyak lagi.

Nah, ini dia beberapa keunikan rumah makan Padang. Yuk simak!

1. Pelayan Rumah Makan Padang Punya Skill Dewa

Foto: Ilustrasi Membawa Piring Banyak

Para pelayan rumah makan padang biasanya memiliki skill dewa dengan membawa banyak piring lauk yang ditumpuk pada lengannya dalam waktu yang bersamaan.

“Manuver” ini merupakan skill wajib yang dimiliki para pelayan rumah makan padang dan sudah menjadi tradisi turun-temurun warga Minang.

Hal ini karena rumah makan padang pada dasarnya adalah restoran cepat saji khas Indonesia, sehingga para pelayannya dituntut menyajikan beragam jenis makanan dengan cepat.Jika diperhatikan, piring-piring yang ditumpuk di lengan kiri memiliki diameter sekitar 15 cm. Piring-piring tersebut ditata di lengan kiri, mulai dari 3-5 masakan sekaligus.

2. Rendang Menjadi Makanan Terlezat di Dunia

Foto: Rendang

Pada tahun 2011, rendang menduduki peringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia dalam World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International. Selama delapan kali berturut-turut, rendang terus bertahan di peringkat pertama hingga tahun 2019 ini. Tahun 2018 lalu, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima kuliner nasional Indonesia.

3. Porsi Dibungkus Lebih Banyak Daripada Makan di Tempat

Foto: Nasi Padang di Bungkus

Bukan tanpa alasan, ternyata kebiasaan ini sudah menjadi kebiasaan warga Minang dan dilakukan di semua rumah makan padang di berbagai tempat.

Beberapa alasan porsi nasi padang yang dibungkus lebih banyak, biasanya penjual nasi padang menyadari nasi padang tersebut tidak dimakan sendiri.Alasan lainnya adalah nasi bungkusan tersebut sudah mempunyai patokannya tersendiri. Ada beberapa patokan tersendiri bila kamu memesan dibungkus.

Usut punya usut, keunikan ini ada sejarahnya dan punya tujuan yang mulia. Jaman dahulu hanya mereka yang berduit saja yang mampu makan di rumah Padang dengan banyak menu, sedangkan rakyat jelata memilih membungkus makanannya untuk dimakan di rumah. Untuk membantu mereka, pramusaji rumah makan Padang memberi porsi lebih agar bisa dimakan bersama seluruh anggota keluarga.

4. Hampir Semua Menu Disajikan di Meja Makan

Foto: Penyajian Makanan di Rumah Makan Padang

Kalau makan di rumah makan Padang, jangan kaget ketika mendapati menu yang nggak kamu pesan turut dihidangkan di atas meja. Sudah menjadi hal yang lumrah kalau rumah makan Padang menyajikan semua menu andalannya di atas meja pelanggan. Namun, kamu nggak harus makan semuanya kok.

Kamu bisa memilih menu yang memang kamu pesan atau menambah yang kamu suka. Lalu bagaimana membayarnya? Tenang, kamu nggak harus membayar semuanya. Nanti pemilik rumah makan Padang akan menghitung dari piring yang kosong.

Ternyata banyak keunikan dari rumah makan Padang. Selamat membaca!