Sampah Menumpuk di Bukittinggi Usai TPA Payakumbuh Longsor

sampah-di-bukittinggi-dikirim-ke-padang-imbas-penutupan-tpa-payakumbuh
Sampah di Bukittinggi Dikirim ke Padang Imbas Penutupan TPA Payakumbuh

Bukittinggi – Pasca penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh akibat longsor, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi kelimpungan menangani sampah yang menumpuk.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyurati Wali Kota Padang, Hendri Septa, meminta bantuan fasilitasi pembuangan sampah ke TPA Air Dingin, Balai Gadang, Koto Tangah.

Dalam suratnya, Erman menyebutkan TPA Regional Payakumbuh tidak dapat beroperasi hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini berdasarkan rapat bersama pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota yang terdampak akibat penutupan TPA Payakumbuh.

Hingga saat itu, belasan armada truk sampah Bukittinggi telah berangkat ke Kota Padang guna membawa sampah ke TPA Air Dingin. Tercatat, sejak Sabtu hingga Senin, 23-25 Desember 2023, sudah sebanyak 215.060 kilogram sampah dari Bukittinggi ditampung di TPA Air Dingin.

Sebelumnya, longsor menerjang TPA Regional Payakumbuh pada 22 Desember 2023, sehingga dilakukan penutupan. Akibatnya, beberapa kabupaten/kota berimbas darurat sampah akibat penutupan tersebut.

Lead Berita

Lead berita yang dipilih adalah “Bukittinggi Kelimpungan Tangani Sampah Usai TPA Payakumbuh Longsor”. Lead tersebut dianggap paling menarik dan memberikan informasi penting tentang berita tersebut, yaitu kelimpungan Pemko Bukittinggi menangani sampah akibat penutupan TPA Payakumbuh.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.