SAR 50 Kota Evakuasi Seorang Pendaki Dari Kawah Gunung Marapi

  • Bagikan
Basarnas 50 Kota evakuasi seorang pendaki dari kawah Gunung Marapi. Korban mengalami cedera di bagian kaki dan kepala. foto : basarnas 50 kota

TANAH DATAR – Seorang pendaki bernama Ramzi, berusia 14 tahun dan berasal dari Padang, terjatuh ke dalam kawah Gunung Marapi, tepatnya di bawah tugu Abel. Diduga faktor jarak pandang dan keletihan menjadi penyebabnya, dilansir dari laman Kompas.com pada Minggu 28 Februari 2021.

Kepala Pos SAR Limapuluh Kota, Robi Saputra, mengatakan pihaknya menerima laporan kejadian itu pada hari Minggu dan pihaknya langsung bergerak ke lokasi.

“Ada laporan masuk kepada kami kalau ada pendaki terjatuh ke dalam kawah Gunung Merapi, bernama Ramzi,” kata Robi pada Minggu 28 Februari 2021.

Lalu setelah berkoordinasi dengan posko Marapi diketahui korban dalam kondisi selamat. Namun korban tersangkut di bebatuan kawah dan mengalami cedera cukup parah di bagian kaki, dan luka memar di kepala bagian belakang.

“Korban masih terlihat dari atas kawah oleh rekan-rekannya dan selamat. Ia tersangkut di bebatuan. Tapi kakinya mengalami cedera,” kata Robi.

Tim penyelamat berhasil menemukan korban pada pukul 19:09 WIB. Korban dibawa dengan menggunakan tandu dari lokasi kejadian menuju posko SAR Limapuluh Kota. Perjalanan menuju posko memakan waktu sekitar enam jam dikarenakan kondisi cuaca yang tidak bersahabat, dan kondisi medan yang terjal.

Saat ini tim penyelamat sedang dalam perjalanan menuju posko, dan diperkirakan sampai pada Senin dini hari.

  • Bagikan