Satu Hektar Lahan Sawit di Agam Terbakar

  • Bagikan
Foto : internet

Agam – Satu hektar lahan sawit milik PT AMP di Alahan Jambu, Jorong Tapian Kandis, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan terbakar diduga karena bakar sampah.

Sebayank empat mobil pemadam kebakaran dikerahkan dalam peristiwa kebakaran tersebut.

“Api dengan cepat berkobar karena cuaca beberapa waktu terakhir sangat panas. Selain itu lokasi juga terdiri dari sawit di mana sangat mudah terbakar,” kata M Lutfi pada Minggu, 21 Februari 2021.

Ia menjelaskan, didapatkannya laporan adanya kebakaran pukul 11.00 WIB, dan empat mobil Damkar Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran yang dikerahkan.

“Alhamdulillah menjelang sore api sudah bisa dijinakkan. Namun, untuk memastikan pemadaman keseluruhan titik sumber api tim pemadam masih bekerja di lapangan,” ujar Lutfi.

Baca Juga :  Lifter Putri Fransiska Rahayu Raih Medali Pertama Untuk Tanah Datar

Lebih lanjut, dari informasi yang dikumpulkan di lapangan, sebelum kejadian seorang warga membakar sampah di sekitar lahan, tapi karena cuaca panas dan angin yang mengundang kobaran api tersebut.

“Kebakaran berawal ketika salah seorang warga membakar sampah di lokasi itu. Kondisi cuaca membuat api menyebar dan membakar lahan sawit seluas 1 hektare,” ujarnya.

Dari kebakaran lahan tersebut, diprediksi dapat mengancam pemukiman masyarakat yang ada disekitarnya.

“Tim gabungan masih melakukan penyisiran untuk memastikan tidak ada lagi titik api yang nantinya bakal kembali menyulut kebakaran baru,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat maupun pemilik lahan agar tidak melakukan pembakaran secara sembarangan yang dapat menyulutkan kebakaran.

Baca Juga :  Polisi Agam Telusuri Alamat Napiter

Dalam operasi tersebut, pemadaman melibatkan BPBD Kabupaten Agam dan unsur terkait antara lain PMI Agam, Damkar Agam, Damkar Padang Pariaman, TNI/Polri, Rescue Pt. Amp, pihak kecamatan, pihak nagari dan masyarakat.

  • Bagikan