Selama Ramadan, Pemkab Pessel Himbau Masyarakat Jaga Ketentraman

Ilustrasi shalat
Ilustrasi. Foto : Internet
Ilustrasi shalat
Ilustrasi. Foto : Internet

Pesisir Selatan – Selama bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan mengimbau masyarakat agar memelihara ketentraman dan kenyamanan serta saling menghormati dalam menjalankan ibadah puasa.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pesisir Selatan Erizon mengatakan, himbauan tersebut akan dituangkan dalam surat edaran yang telah dikirim seluruh Wali Nagari (Kepala Desa Adat) dan Camat seluruh Pesisir Selatan.

“Kita juga himbau agar perangkat dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pelarangan penggunaan dan beredarnya mainan anak-anak seperti petasan, kembang api dan lainnya,” kata Erizon, Kamis (17/5/2018).

Menurutnya, alat permainan anak-anak itu berdampak negatif terhadap keamanan dan kenyamanan umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa.

Selain bisa memancing keributan, juga dapat mengganggu ibadah umat muslim pada malam harinya saat melaksanakan shalat tarawih.

Selain itu, Pemkab juga mengimbau para pemilik rumah makan dan kedai minuman untuk tidak melaksanakan aktifitas jual beli pada siang hari, karena dapat mengganggu kenyamanan umat muslim dalam melaksanakan ibadah puasa.

“Kepada masyarakat non muslim juga diimbau untuk senantiasa menjaga dan saling menghormati umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa,” jelasnya.