Sesuai Janji Kampanye, Pemkab Pessel Mulai Pendidikan Gratis Tahun Ini !

  • Bagikan
Foto : Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pessel

Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, targetkan pendidikan gratis dimulai tahun 2021 ini. Sesuai janji kampanye Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yaitu salah satunya Pendidikan gratis, dan tidak ada lagi pungutan di Sekolah.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan, segala kekurangan biaya disubsidi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Perkiraan besaran subsidi yang bakal digelontorkan sekitar Rp.23 miliar untuk 39 ribu siswa mulai jenjang SD-SMA.

“Ya, di bulan Juli. Itu harus, karena program unggulan kami, sejalan janji kampanye peningkatan SDM. Nanti akan tertuang dalam visi-misi kami,” kata Bupati Rusma, Selasa 6 April 2021 di Painan.

Alokasi subsidi yang bakal diterima tiap-tiap sekolah berbeda-beda, sesuai jumlah siswa dan besaran iuran uang komite. Dari total subsidi yang dianggarakan, sekitar Rp. 16 miliar untuk SMA sederajat.

Sedangkan sisanya yang Rp. 7 miliar untuk jenjang pendidikan SD dan SMP. Saat ini, lanjut Bupati, Pemda tengah menyiapkan regulasi hibah dana pada Pemerintah Provinsi.

Sebab, kewenangan untuk SMA, SMK dan Madrasah ada di Pemprov. Sementara kewenangan pengelolaan SD dan SMP ada di Pemkab, sehingga tidak perlu aturan hibah.

“Untuk pembiayaannya nanti kita akan upayakan pergeseran anggaran usai refocusing. Jika tidak bisa, kita bakal akomodir di perubahan,” terang bupati.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suhendri mengatakan, subsidi diberikan atas kekurangan Dana Operasional Sekolah (BOS) yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kebijakan APBD untuk subsidi pendidikan secara aturan tidak ada masalah. Sebab, dalam anggaran tahun ini (2021) belum mengakomodir program unggulan bupati-wakil bupati terpilih.

“Untuk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), nanti tentu bupati dan wakil bupati yang akan membicarakan,” tutur Suhendri.

Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah adalah bupati-wakil bupati terpilih Pilkada 2020. Ia menang telak dari pesaingnya Hendrajoni-Hamdanus, dengan selisih kemenangan hingga 19,1 persen.

Dalam visi-misi dan janji politiknya saat kampanye, pasangan calon yang diusung 5 partai politik menjadikan peningkatan kualitas SDM, dalam koridor Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

  • Bagikan