Settingan Jam Ponsel Tiba-tiba Berubah ke WIB di Papua

Fenomena Aneh di tempat area Papua, Jam Ponsel Berubah Otomatis ke Waktu Indonesia Barat

Papua – Fenomena aneh terjadi di Kampung Masabui, Papua. Settingan jam pada ponsel di wilayah itu tiba-tiba berubah menjadi Waktu Indonesia Barat (WIB) tanpa peringatan. Padahal wilayah Papua masuk dalam Waktu Indonesia Timur (WIT).

Fenomena itu diperlihatkan lewat sebuah video pendek yang diunggah oleh akun TikTok @mindaart pada Sabtu (29/12/2023). Dalam video itu, pemilik ponsel yang berada di dalam mobil menceritakan keanehan yang terjadi di tempat jam ponselnya.

“Di lokasi ini ada fenomena zona waktu, zona waktu di lokasi ini berubah ke Indonesia Barat,” ujar pemilik ponsel.

“Sedangkan kita tahu kita berada di Papua, zona Waktu Indonesia Timur,” sambungnya.

Perbedaan waktu antara WIB dan WIT adalah dua jam. Sesuai dengan cerita yang disampaikan, ternyata memang benar jam ponsel yang dipegang oleh pemiliknya itu tiba-tiba berubah ke WIB.

Jam yang semula menunjukkan pukul 17.44 WIT, tiba-tiba berubah menjadi pukul 15.44 WIB. Namun, ketika pemilik ponsel menjauh dari lokasi tersebut, jam ponsel segera kembali normal menunjukkan WIT.

“Ini zona waktu yang langka di Papua, mungkin saja juga di Indonesia,” katanya.

Kejadian itu segera ditanggapi beragam oleh warganet di TikTok. Banyak komentar mengait-ngaitkan kondisi itu dengan cerita-cerita mistis.

Hanya ada beberapa pengguna yang justru memberikan pandangan logis. Menurut mereka, hal itu terjadi dikarenakan keberadaan Base Transceiver Station (BTS) yang belum dikondisikan pengaturannya dengan baik.

Terutama terkait pengaturan Network Time Protocol (NTP). BTS disinyalir masih berada pada pengaturan NTP WIB.

“NTP di BTS belum di-setting GMT+9 sepertinya. Bukan fenomena sih,” tulis pemilik akun TikTok @yusufsoeparman.

“Setting BTS-nya masih waktu Ibukota Indonesia itu. Ya kali dari WIT ke WIB, minimal ke WITA lah,” tulis pemilik akun TikTok @gaplek_pol.

Jadi, menurut mereka, memang tidak ada fenomena aneh di wilayah tersebut. Kebetulan saja, instalator BTS lupa mengondisikan NTP BTS di wilayah tersebut dengan zona waktu yang sesuai, yaitu WIT.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.