Sitinjau Lauik Longsor, Jalan Padang-Solok Sempat Terganggu

  • Bagikan
Panorama Dua Sitinjau Laut mengalami longsor sehingga mengakibatkan jalan lintas Padang-Solok sempat terganggu dan macet total pada Rabu (12/12/2018).

 

PADANG, KABARSUMBAR Intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir, mengakibatkan jalan lintas Padang-Solok Sumatra Barat sempat terganggu dan macet total akibat Panorama Dua Sitinjau Laut mengalami longsor pada Rabu (12/12/2018) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari.

“Longsor tersebut menutup akses jalan sepanjang 30 meter dengan ketinggian 2 meter,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatra Barat, Erman Rahmat saat dihubungi Rabu (12/12/2018).

Disebutkannya, dalam kejadian tersebut kerugian material dari bencana berupa satu unit mobil toyota vanza yang terseret Longsor. Untungnya penumpangnya dapat menyelamatkan diri dan tidak ada korban jiwa.

Upaya yang dilakukan kata dia, Pusdalops Provinsi dan Kota Padang telah meminta bantuan alat berat ke Dinas PU Prasjal. “Tim Reaksi Cepat (TRC) Provinsi dan Kota Padang juga sudah telah ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan pembersihan materil,” ujarnya.

Baca Juga :  Penggalangan Randang Untuk Lombok Tahap Kedua Ditutup Hari Ini

Dikatakannya, saat menuju lokasi alat berat dari Dinas PU sempat tidak bisa bergerak dan terhalang akibat mobil yang berhenti. Untungnya saat ini sudah sampai di lokasi dan satu unit alat berat dari PT Semen sedang bekerja sekarang membantu pembersihan jalan akibat longsor tersebut

Ia menyebutkan akses jalan sempat sama sekali tidak bisa dilalui karena alat berat sedang bekerja dan mengakibatkan kemacetan panjang. Dua alat berat sudah dikerahkan untuk proses tersebut.

suasana Panorama Dua Sitinjau Laut, jalan lintas Padang-Solok yang sempat terganggu dan macet total akibat longsor sudah bisa dilewati pada Rabu (12/12/2018).

 

Setelah beberapa jam akhirnya, perlahan akses jalan dapat dilalui kendaraan roda empat. Namun, akses jalan masih sedikit padat dan diharapkan pengendara untuk berhati-hati karena jalan licin akibat longsor tersebut.

Baca Juga :  Kembangkan Mode Pembelajaran Melalui DPD AELI Sumbar

Sebelumnya akses jalan Padang-Bukittinggi putus akibat jembatan utama di Korong Pasa Usang Nagari Kayu Tanam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman runtuh.

Pihaknya menyebutkan untuk jalan alternatif menuju Padang-Bukittinggi masih ada dua yakni melalui Malalak Kabupaten Agam dan Tiku Padang Pariaman.

Erman Rahmat menghimbau Kalaksa Kabupaten/kota di daerah agar selalu waspada dan melakukan langkah-langkah evakuasi terhadap daerah-daerah rawan bencana. Untuk mengantisipasi agar korban jiwa tidak berjatuhan. Disamping itu segera melaporkan jika terjadi bencana ke BPBD provinsi.

(Putri Caprita)

  • Bagikan