Sumbar Sumbang Satu Ton Randang Untuk Korban Gempa Lombok

Penyerahan bantuan bencana gempa Lombok berupa 1 ton rendang dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Selasa 7 Agustus 2018. Foto : Putri Caprita
Penyerahan bantuan bencana gempa Lombok berupa 1 ton randang dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Selasa 7 Agustus 2018. Foto : Putri Caprita

PADANG, KABARSUMBAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) menyumbangkan satu ton randang untuk membantu pemenuhan kebutuhan logistik masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang terkena dampak gempa selama masa tanggap darurat.

Gerakan mengumpulkan randang se-Sumbar didorong oleh rasa empati dan kepedulian atas musibah gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, 5 Agustus 2018, lalu.

“Target kita dalam dua hari satu ton sudah terkumpul, sama seperti yang di Aceh tahun lalu,” Ungkap Wakil Gubenur Sumbar Nasrul Abit, di Padang, Selasa (7/8/2018).

Sebagai permulaan pihaknya sudah mengumpulkan 300 kilogram randang yang sebagian besar merupakan sumbangan dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

“Jumlah sumbangan tersebut bervariasi mulai dari lima kilogram hingga 20 kilogram,” kata dia.

Tidaknya hanya dari OPD kata Nasrul, Pemprov Sumbar juga menerima sumbangan dari masyarakat yang peduli terhadap korban gempa NTB tersebut.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Jasman mengatakan randang yang terkumpul tersebut akan diantarkan langsung ke NTB untuk diserahkan pada satuan tugas di lapangan.

Jadi, nantinya petugas di sana yang akan membagi sesuai kebutuhan masyarakat korban gempa di lapangan.

“Pengumpulan randang untuk bantuan korban bencana merupakan salah satu inisiasi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan sudah menjadi ciri khas Sumbar yang dimulai sejak gempa Aceh Desember 2016 lalu,” ujar dia.

Pemprov juga berupaya mendorong dan mengumpulkan masyarakat Sumbar lainnya untuk turut berpartisipasi membantu saudara kita yang ada di Lombok dengan ikut menyumbangkan randang.

“Alasan memilih randang untuk disumbangkan karena memiliki cita rasa yang sangat lezat dan makanan tahan lama hingga satu bulan,” ujarnya.

Sesuai permintaan dari Gubenur Irwan Prayitno, nantinya Wagub Sumbar Nasrul Abit pada Kamis (9/8/2018) akan memimpin langsung rombongan ke NTB dan meninjau keadaan warga perantau dan keturunan Minang di NTB.

“Kita berharap masyarakat Minang di sana dalam keadaan baik-baik saja,” tutupnya.

[Putri Caprita]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...