Tampung Aspirasi, Pemko Solok Gelar FGD Bersama Perantau

Solok Kota – Bertempat di Hotel Balairung Jakarta, Sabtu (14/01), Pemko Solok gelar Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema Sinergitas Perencanaan Pembangunan Kota Solok Tahun 2024 dengan Perantau.
Pemerintah Kota Solok telah memulai tahapan penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2024.
Penjaringan aspirasi dan menampung pemikiran Perantau Kota Solok yang berada di Jakarta, menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemko solok dalam penyusunan ranwal RPJPD yang dikemas santai dan kaya inspiratif ini dihadiri langsung Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra, Sekretaris Daerah Drs. Syaiful A. Asisten Sekda Bidang Ekbang Jefrizal, Kepala Bappeda Desmon dan beberapa Kepala OPD terkait, Bagian Prokomp.
Dari perantau diantaranya hadir Liferdi, Willy Aditya, Hendri Umar, Rinaldi Rustam, Ekonom Defian Har Adi Basri, Dessy aliandrina, Maizul Hadi Jabbar, Maxdeyul Sola.
Mengawali FGD Wali Kota mengucapkan terimakasih dan penghargaan tak terhingga kepada tokoh-tokoh solok di perantauan yang menyempatkan hadir memenuhi undangan pemko ditengah kesibukan yang sangat padat.
“Sengaja kami undang bapak-bapak dan ibuk-ibuk sebagai salah satu upaya guna mewujudkan pemahaman bersama terhadap sinkronisasi perencanaan pembangunan dan isu-isu Strategis serta Permasalahan Pembangunan di Kota Solok, melalui penjaringan aspirasi dan menampung pemikiran Perantau Kota Solok yang ada di Jakarta” ungkap Wako.
Lebih lanjut beliau mengutarakan bahwa Pemerintah Kota Solok pada tahun 2023 ini akan mulai menyusun dikarenakan Musrenbang RPJPD dilaksanakan paling lambat 1 tahun sebelum berakhirnya periode RPJPD 2005-2025.
Ranwal RPJPD nantinya akan menjadi dasar penyusunan RPJMD secara teknokratik dan pedoman dalam perumusan visi, misi, dan program bagi calon Kepala Daerah yang akan mengikuti pilkada serentak 2024.
“Hasil yang kita diskusikan hari ini, tentuanya menjadi point-point yang akan menjadi rumusan berharga dalam penyusunan rencana Solok kedepan. Semoga sumbangan pemikiran bapak ibuk menjadi amalan ibadah disisi Allah SWT” tutup Wako.