Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, Danrem 032/Wbr Buka Latnistis Tingkat Batalyon

Sebanyak 574 prajurit Yonif 133/YS ikuti latihan teknis dan taktis

PADANG, KABARSUMBAR – Guna meningkatkan dan memelihara profesionalisme prajurit di wilayah Sumatra Barat (Sumbar), Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Mirza Agus, membuka Latihan Teknis dan Taktis (Latnistis) tingkat Batalyon yang dilaksanakan di Aula Yonif 133/YS, Senin (03/12/2018).

“Latihan tersebut bertujuan agar seluruh prajurit dapat belajar dan berlatih secara aplikatif berbagai materi teknik dan taktik tempur yang akan dilatihkan nanti. Serta dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam I/BB,” ujarnya.

Dijelaskannya, tujuan utama Latnistis guna mengukur dan mengetahui sejauh mana kemampuan dan kemahiran seluruh anggota khususnya dalam tugas tempur. Sehingga dengan seluruh kemampuan yang dimiliki selama ini dapat diaplikasikan.

“Baik materi teknik dan taktik operasi lawan insurjensi, drill kontak dan pertempuran jarak dekat pada medan tugas yang sebenarnya,” tegasnya.

Sementara itu kata Mirza, sasaran kualitatif yang harus dicapai adalah agar peserta latihan dapat memahami dan mampu melaksanakan materi teknik dan taktik tingkat Batalyon dalam tugas tempur.

Selain itu ujarnya, guna menyeragamkan esensi materi latihan bertempur yang dihadapkan dengan perkembangan situasi saat ini. Agar siap menghadapi tugas di masa yang akan datang.

Dikatakannya, latihan tersebut diikuti sebanyak 574 orang pelaku dari empat Kompi Pasukan dan berlangsung selama enam hari dari 3 sampai dengan 9 Desember 2018.

“Latnistis dibagi selama tiga hari di Mako Yonif 133/YS, dan 3 hari berikutnya langsung di lapangan atau medan sebenarnya,” ungkapnya.

Adapun materi yang dilatihkan tersebut terbagi tiga yakni teknik Drill Kontak, Patroli Keamanan, dan terakhir teknik aplikasi sermukim (Serangan Pemukiman).

“Untuk teknik Drill Kontak yaitu berupa kontak depan, belakang, samping dan wan dang ran. Sedangkan untuk patroli keamanan terdiri dari pat dang dan pat gap,” paparnya.

Terakhir, Perwira Seksi Operasional Yonif 133/YS, Letda Inf. Bayu Eko Nugroho mengharapkan agar para peserta yang mengikuti latihan tersebut dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Agar sasaran latihan dapat tercapai dengan baik.

Dalam pembukaan Latnistis yang dilaksanakan di Aula Yonif 133/YS, pada Senin (03/12/2018) dihadiri Kasi Ops Korem 032/Wbr dan para Perwira jajaran Korem 032/Wbr selaku penguji materi.

(Putri Caprita)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...