Tradisi Bakawua-Kawua Wujud Syukur Pasca Panen


Tanah Datar- Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menghadiri acara bakawua-kawua yang diselenggarakan oleh Kelompok Tani Sangkak Puyuah, Jorong Balai Baru, Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Tanjung Emas, Senin 10 Agustus 2020.

Bakawua-kawua merupakan tradisi sebagai wujud rasa syukur sehabis panen yang diawali makan dan diakhiri doa bersama.

“kita mengapresiasi kegiatan yang mencerminkan kebersamaan ini sehingga terjalin tali silaturahmi antar sesama,” ujar Wabup.

Di tengah-tengah tradisi bakawua-kawua digelar juga sesi musyarawah terkait perkembangan pertanian di daerah itu, seperti disampaikan Ketua Kelompok Tani Sangkak Puyuah Ansarul yaitu masyarakat Jorong Balai Baru yang masih membutuhkan fasilitas pertanian guna menunjang hasil produksinya.

“Saat ini kelompok kelompok tani Sangkak Puyuah memiliki anggota sebanyak 150 orang yang berharap adanya fasilitas penunjang produksi pertanian,” harap Ansarul.

Menjawab pertanyaan tersebut wabup Zuldafri menjelaskan sektor pertanian telah menjadi industri yang harus disandingkan dengan teknologi modern saat ini, sehingga hasil produksi meningkat dibandingkan dengan cara konvensional, semua itu menjadi perhatian pemerintah saat ini.

“Pemerintah daerah memiliki 5 program unggulan, di antaranya peningkatan sektor pertanian sebagai penyumbang kontribusi perekonomian terbesar di Kabupaten Tanah Datar, mendukungnya pemerintah terus berusaha memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di bidang pertanian,” ujar Wabup.

Penyuluh pertanian nagari Tanjung Barulak Peri menambahkan pemerintah daerah telah membuat beberapa program unggulan untuk meminimalisir resiko yang dihadapi petani saat ini berupa asuransi pertanian dan peternakan sebesar 80 persen dari subsidi pemerintah.

“Pemerintah juga telah menerbitkan sejenis kartu berisi data petani sehingga dapat mempermudah mendapatkan pupuk,” ujar Peri pada acara itu yang dihadiri Camat Tanjung Emas Dedi Triwidono, Sekretaris Nafgari Tanjung Barulak Syahrul, Wali Jorong Balai Baru, Tokoh Masyarakat dan anggota kelompok tani Sangkak Puyuah.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...