Kampus  

Universitas Terbuka Padang laksanakan Program Pembinaan dan Pendampingan Kegiatan Mahasiswa

Padang-Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang gencarnya melakukan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) untuk kalangan mahasiswa agar lebih efektif dan produktif setelah lulus dari perguruan tinggi.

Tak hanya itu saja, Kementrian Pendidikan melalui unit-unitnya juga gencar meningkatkan kegiatan prestasi kemahasiswaan seperti olahraga maupun kegiatan kewirausahaan.

Universitas Terbuka yang berada di kota Padang turut mendukung prestasi kemahasiswaan pertandingan bulutangkis yang beberapa waktu lalu dilaksanakan di Bukittinggi.

Direktur Universitas Terbuka Padang Prof. Dr. Karnedi, M.A. mendorong mahasiswa Sumatera Barat yang meregistrasi di UT Padang untuk berperan aktif meningkatkan prestasi.

“Kami sangat mendorong aktifitas dan kreatifitas mahasiswa yang ada di Sumatera Barat ini untuk tampil di panggung nasional, Program Prestasi Olahraga dan Kegiatan Kewirausahaan yang menjadi andalan untuk mahasiswa UT Padang tampil di pentas nasional,” jelas Direktur UT Padang yang diwakili oleh Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar Dr. Fatia Fatimah, S.Si., M.Pd.

Ditemui di lokasi kegitan pembinaan Kewirausahaan mahasiswa Manajer BBLBA, Fatia menyebutkan bahwa pembinaan kewirausahaan ini merupakan kelanjutan dari usulan proposal pengembangan kewirausahaan mahasiswa yang dilaksanakan oleh LPPM-UT.

“Saat ini kami mempersiapakan proposal dan pembinaan untuk mahasiswa yang ada di Sumatera Barat ini agar dapat lolos pembiayaan pengembangan usaha dari Kementerian, Khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” sebut Fatia.

Bertempat diobjek andalan Wisata Sumatera Barat, kegiatan di Bukittinggi ini berlangsung selama 2 hari 12-13 Februari 2022. Dalam Kegiatan pembinaan kewirausahaan ini UT Padang menghadirkan praktisi usaha butik dan kos-kosan dari Kota Makassar Dr. Rulinawaty yang juga merupakan dosen Universitas Terbuka.

Selain itu pendampingan dilakukan juga secara online yang merupakan trade Universitas Terbuka dengan sistem belajar jarak jauh menghadirkan DrE. Andriyansah, S.E., M.M. yang merupakan coach marketing praktisi lembaga pendidikan dan pelatihan yang juga saat ini tercatat sebagai Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Terbuka.

Panitia kegiatan ini Erison, S.Sos. yang didampingi oleh Musmeldi, S.Kom menyampaikan kepada awak media, bahwa mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 24 orang mahasiswa yang  berasal dari kota Bukitinggi, Payakumbuh dan Sekitarnya, dari hasil kegiatan ini kami pastikan akan ada 8 Proposal yang akan siap tanding pada pentas nasional dari Sumatera Barat mewakili Universitas Terbuka