Update Terbaru Excel, Microsoft Respon Keluhan Para Ilmuwan

Microsoft perbaiki fitur Excel yang dimaksud dimaksud rusak data ilmiah

Jakarta – 2020, para ilmuwan menghadapi kendala serius saat menggunakan aplikasi Excel, di mana Excel sering salah mengartikan nama gen sebagai tanggal, mengubahnya secara otomatis.

Untungnya, Microsoft telah merespons masalah ini dan memperkenalkan pembaruan dalam versi Windows dan macOS guna memperbaiki permasalahan tersebut.

Konversi otomatis Excel dirancang untuk mempermudah dan mempercepat proses pengetikan data umum, seperti nomor dan tanggal. Namun, bagi para ilmuwan yang sering menggunakan singkatan dalam pekerjaan mereka, fitur ini dapat merusak data yang telah dipublikasikan dan direview oleh rekan sejawat, seperti yang terungkap dalam sebuah studi pada tahun 2016.

Microsoft menguraikan pembaruan ini dalam posting blog resmi mereka. Mereka telah menambahkan opsi “Convert continuous letters and numbers to a date” yang memberikan pengguna kontrol lebih besar atas cara Excel menangani data.

Pembaruan ini memperluas fitur Automatic Data Conversions yang diperkenalkan oleh Microsoft tahun sebelumnya. Dengan pembaruan ini, pengguna dapat memilih untuk memberikan peringatan jika Excel mencoba mengubah data, dan bahkan dapat mencegah perubahan otomatis, memastikan integritas data tetap terjaga.

Blog Microsoft juga mencatat beberapa aspek teknis, seperti cara Excel akan menghindari konversi dengan menyimpan data sebagai teks. Ini berarti data tersebut akan tetap dalam bentuk asalnya dan siap digunakan dalam perhitungan, tanpa khawatir mengalami konversi yang tidak diinginkan.

Terkait dengan masalah yang diidentifikasi, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, pengguna mungkin tidak dapat menonaktifkan konversi saat menjalankan makro. Hal ini demikian dilaporkan oleh The Verge pada Minggu (22/10) waktu setempat.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.