Wagub Nasrul Abit: Satpol PP dan Satlinmas Mesti Awasi Pemilu 2019 Dengan Baik

PADANG, KABARSUMBAR – Satuan Perlindungan Masyarakat, (Satlinmas) Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat mesti lakukan pengawasan dan pengamanan terhadap penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) baik itu pemilihan legeslatif (Pileg) maupun pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019. Dalam bertindak Satlinmas mesti melakukan berkoordinasi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu).

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada acara ‘Sosialisasi Peran dan Fungsi Satlinmas dalam Penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019’ di Padang, Selasa (19/2/2019).

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Satpol PP dan Damkar Sumbar, Zul Aliman, S.H, Kepala Kesbangpol Drs. Nazwir serta utusan Satlinmas Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Lebih lanjut Wagub menyampaikan sejalan dengan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terkait penugasan Satlinmas dalam penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu.

Dalam upaya peningkatan kesiapsiagaan jelang Pemilu tahun 2019 Kemterian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan surat edaran No. 300/9890/SJ, tanggal 14 November 2018 tentang peningkatan kesiapsiagaan dan keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas dalam rangka pelaksanaan Pemilu tahun 2019, kiranya seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan menjaga ketertiban umun dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing.

“Di samping itu Satpol PP dan Satlinmas harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika diwilayah demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pesta demokrasi dan tetap konsisten menjaga citra dan wibawa pada saat penyelenggaraan pemilu,” himbau Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga menyampaikan, Satlinmas juga melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap pelaksanan Pemilu itu sendiri. Jangan ada kecurangan saat pencoblosan dan hal-hal perbuatan kesengajaan memenangkan seseorang atau yang lainnya.

“Segera laporkan dan berkoordinasi kepada Bawaslu dan KPU jika terjadi pelanggaran, atau kejadian situasi menjadi instabilitas keamanan dan hal-hal yang merusak tatanan penyelenggaraan pesta demokrasi,” ujarnya.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan bagaimana Satpol PP dan Satlinmas juga mengawasi jika ada ASN yang tidak netral dalam penyelenggaraan pemilu. Dan juga pengamatan dan pengawasan dilakukan terhadap tidak boleh mempergunakan fasilitas pemerintah dalam kampanye Pemilu sesuai aturan yang berlaku.

Kemudian Satpol PP dan Satlinmas juga diharapkan membantu mensosilisasikan penyelenggaraan Pemilu bagaimana animo masyarakat untuk datang ke TPS memberikan hak suara semakin lebih baik, jika perlu di Sumatera Barat dapat mencapai 80 persen dari target KPU 70 persen.

Makin tingginya animo masyarakat dalam keikutsertaan dalam penyelenggaraan pemilu merupakan salah satu kesuksesan yang diharapkan di samping juga rasa aman, tertib dan nyaman dalam pesta demokrasi ini.

“Semoga penyelenggaraan Pemilu 2019 nanti dapat menghasilkan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif yang amanah dan memperhatikan kemajuan bangsa serta mewujudkan kesejahteraan rakyat,” harapnya.

(Putri Caprita)

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...