Wako dan Wawako Solok Kunjungi Langsung Korban Banjir

SOLOK KOTA – Banjir yang terjadi di sebagian besar daerah di Kota Solok yang diakibatkan tingginya curah hujan membuat sungai Batang Lembang meluap merendam pemukiman warga Selasa 18 Februari 2020, Kejadian ini mengundang Empati Wali Kota dan Wakil Wali kota Solok untuk melihat langsung kondisi warga yang terdampak banjir.

Wali Kota Solok Zul Elfian mengunjungi langsung melihat kondisi terkini daerah-daerah yang terdampak banjir. Peninjauan tersebut sekaligus mendampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang bertepatan juga melakukan peninjauan bersama BPBD Provinsi Sumatera Barat.

Wako memulai peninjauan dari Kelurahan IX Korong – Kelurahan Koto Panjang – Simpang Rumbio. Untuk upaya penanggulangan sendiri, Pemerintah Kota Solok melalui TRC BPBD Kota Solok melakukan evakuasi dan melakukan pendataan terhadap korban yang terdampak.

Kalaksa BPBD Ikhlas akui, untuk saat sekarang ini Kebutuhan Mendesak yang dibutuhkan yaitu, Paket alat Pembersih, Paket Makanan Siap Saji dan Matras

Diwaktu yang bersamaan, Wakil Wali Kota Solok Reinier, juga ikut meninjau kelurahan lainnya yang terdampak meliputi Kelurahan Tanah Garam dan Kelurahan Sinapa Piliang. Tak hanya banjir, Wawako juga lakukan Tinjauan Longsor di Jalan ke RW 6 Payo.

Setelah melakukan peninjauan. Wali Kota Solok Zul Elfian, Wakil Wali Kota Solok Reinier, dan seluruh OPD terkait langsung gelar rapat membahas bagaimana upaya yang akan dilakukan untuk menanggulangi bencana yang terjadi di Kota Solok .

Wako perintahkan camat senantiasa berkoordinasi dengan BPBD terkait warga masyarakat yang terdampak banjir, segerakan siapkan dapur umum, penyediaan konsumsi dan air minum bagi masyarakat, standby tenaga medis untuk masyarakat terdampak banjir.

Selain itu, wako juga mengingatkan disamping masyarakat, jangan sampai petugas-petugas terabaikan pula. Sehingga dengan demikian dapat lebih fokus dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Adapun daerah yang terdampak bencana banjir untuk data yaitu 355 KK 1397 Jiwa/ 8 Anak anak 14 balita, daerah yang terdampak tersebut adalah :

Kecamatan Lubuk Sikarah di Kelurahan KTK terdampak 85 kk 340 jiwa, Kelurahan IX Korong terdampak 52 kk 251 jiwa, Kelurahan VI Suku, Kelurahan Simpang Rumbio terdampak 29 kk 128 jiwa, Kelurahan Sinapa terdampak 29 kk 139 jiwa, Kelurahan Aro IV Korong terdampak 118 kk 348 jiwa, Kelurahan Tanah Garam terdampak 4 kk 16 jiwa disamping longsor yang menutupi akses ke payo.

Sedangkan di Kecamatan Tanjung Harapan di Kelurahan Nan Balimo mengalami longsor jalan terban, Kelurahan Pasar Pandan Aia mati terdampak 6 kk 18 jiwa, Kelurahan Tanjung Paku terdampak 1 kk 6 jiwa, Kelurahan Laiang mengalami longsor sehingga jalan tertutup material longsor, Kelurahan Kampung Jawa terdampak akibat longsor 1 kk 3 jiwa, Kelurahan Koto Panjang terdampak 48 kk 221 jiwa.

Fernandez

 

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...