Wako Solok Menghadiri Peresmian Masjid Agung Dharmasraya

Solok Kota – Jumat (6/1/2023), Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar didampingi Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan, Jefrizal, Sekretaris Dinas PU Kota Solok, Ellyardi, menghadiri peresmian Masjid Agung Dharmasraya oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.
Bersama Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Forkopimda Dharmasraya serta undangan lainnya, Wako Solok menyambut kedatangan
Menteri Basuki yang menggunakan helikopter dan mendarat di salah satu lapangan sepak bola di Kabupaten Dharmasraya. Sekaligus peninjauan Jembatan Kabel di Sungai Dareh.
Wako bersama Bupati Dharmasraya sebelum acara peresmian masjid, menyempatkan sarapan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimulyo. Tanpa melewatkan kesempatan Wako sembari menyantap sarapan yang telah disediakan menyampaikan laporan pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Kota Solok yang telah menjadi program strategis daerah dan sangat membutuhkan dukungan dana pemerintah pusat melalui Kemenpupr.
Adapun yang disampaikan wako antara lain terkait lanjutan penyelesaian Jalan Lingkar Utara (JLU) yang masih bersisa 1,8 km yang selama ini terkendala pembebasan lahan.
“Alhamdulillah pak menteri, 1,8 km JLU telah selesai pembebasan lahannya. Mohon dukungan pak menteri untuk peningkatannya. Dari perencanaan yang disusun salah satu yang menelan anggaran cukup besar yakni pembangun Fly over di JLU tersebut dengan tujuan jika jalur KAI berfungsi kembali tidak akan berdampak kepada JLU” lapor Wako.
Selain beberapa harapan disampaikan wako seperti, embung, penanganan batang lembang. Yang menjadi harapan wako yakni percepatan penyelesaian Stadion Marahadin yang masih tinggal 1 (satu) tahapan lagi.
“Alhamdulillah pak menpora kemaren (baca: rabu) saat kami menghadap juga merespon pak menteri, dan beliau berjanji akan memberikan rekomendasi ke Kemenpupr. Mohon sangat bantuan pak menteri terkait penyelesaian stadion ini yang masih membutuhkan dana lebih kurang 56 Milyar lagi. Besar harapan pada porprov sumbar 2025 nanti Kota Solok jadi tuan rumah karena telah selesai stadionnya” harap Zul Elfian Umar.
Menanggapi harapan Wako, Menteri PUPR yang saat sarapan didampingi Dirjen Bina Marga Hedy Rahardian, cukup memberikan perhatian, khusus untuk JLU beliau juga memberikan angin segar, dan langsung mengarahkan Kepala Balai Jalan Syaputra A Gani untuk berdiskusi lebih banyak dengan Wako terkait proposal yang diajukan.