Wako Solok Sambangi BI Perwakilan Sumbar

Solok Kota – Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat, Endang Kurnia Saputra beserta jajaran menyambut kedatangan Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar melakukan audiensi ke Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat, Kota Padang, Jum’at (14/4/23).
Turut mendampingi, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Milda Murniati, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Solok, Novri Aprilizen, Kasubag Protokol Setda Kota Solok, Aldo Hendriko Putra.
Wako dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada kepala perwakilan BI Sumbar yang telah menerima kedatangan rombongan Kota Solok.
Adapun maksud dalam audiensi itu terkait dukungan kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang yang merupakan event nasional dari Kemenparekraf RI yang direncanakan akan digelar Bulan September 2023 nanti.
Selanjutnya, dukungan terhadap agrowisata Batu Patah Payo dan objek wisata Pulau Belibis yang menjadi unggulan pariwisata Kota Solok. Selain itu, Kota Solok juga memiliki songket dan bordiran dari Kota Solok sangat potensial yang bisa kerjasama melalui program dari Bank Indonesia.
” Semoga pertemuan ini memberikan masukan serta terutama dukungan dari Bank Indonesia Perwakilan Sumbar dalam bidang keuangan untuk Kota Solok,” harap wako.
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat, Endang Kurnia Saputra mengucapkan selamat datang kepada Wali Kota Solok beserta OPD terkait yang telah datang langsung ke kantor BI Perwakilan Sumbar.
” Pada prinsipnya, BI Perwakilan Sumbar siap mendukung Kharisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang,” ujar Endang.
Selanjutnya BI juga akan membina Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di Kota Solok baik dari segi pendanaan ataupun dalam segi lainnya.
” Saya sejujurnya sangat takjub dengan keindahan alam Kota Solok. Bayangkan kita makan bersama dengan Rendang Solok di tengah hamparan Sawah Solok tentu sangat nikmat dan menyenangkan sekali,” ujar Endang yang baru 2 Bulan lebih menjabat kepala BI Perwakilan Sumbar.
Endang juga meminta dukungan Pemerintah Kota Solok dalam hal keuangan untuk meningkatkan level Kota Solok menjadi level digital.
” Penggunaan kanal non tunai (QRIS) dalam penerimaan pajak dan retribusi serta bekerjasama dengan Bank Nagari. Perbaikan jaringan 4G, yang saat ini jaringan 4G baru sekitar 26 sampai 50 persen di Kota Solok,” jelasnya.
Dalam mendukung pariwisata, BI juga memberikan peluang bisnis bagi perorangan maupun kelompok di Kota Solok dalam perizinan untuk membuka Money Changer.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.