Wako Solok Sambut Tim Penilaian Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022

Solok Kota – Tim penilai gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Solok Tahun 2022, disambut Wali Kota Solok Zul Elfian Umar.

Tim penilai diketuai langsung Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Harnelli Mahyeldi, jajaran pengurus TP PKK Sumbar, Kepala OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar terlebih dahulu dijamu di Rumah Dinas Wali Kota Solok.

Turut mendampingi, Ketua TP PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Wakil Ketua TP PKK Kota Solok, Dona Ramadhani Kirana Putra, serta Kepala OPD terkait.

Selanjutnya, rombongan langsung melakukan penilaian di RT 02/RW05 Rimbo Barantai, Kelurahan Tanah Garam, Selasa (24/5). Tampak hadir, Ketua Baznas Kota Solok, Zaini, para L
Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Solok, Camat, serta Lurah.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, keberadaan serta peran kelembagaan PKK sungguh sangat banyak dalam berbagai kegiatan ditengah-tengah masyarakat. Apalagi di masa pandemi covid-19 yang masih menjadi dinamika dalam masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara simultan dan terkendali. Saat ini Alhamdulillah bumi mulai pulih. Mari bersama kita berdoa semoga kondisi bisa kondusif lagi seperti sedia kala.

Kegiatan lembaga sosial kemasyarakatan melalui Gerakan PKK telah teruji peran aktifnya di tengah masyarakat dan memberikan harapan besar bagi pemerintah untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam kehidupan keluarga.

Demikian pula kelompok dasawisma sebagai ujung tombak di lapangan menunjukkan bahwa Gerakan PKK memiliki urgensi dan potensi dalam memberdayakan masyarakat dalam membangun jaringan kerjasama dan memiliki cakupan program dan kegiatan yang dapat dijadikan peluang untuk melakukan koordinasi kegiatan yang bersinergi dengan jajaran OPD pemerintah dan lembaga di bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Apalagi dengan dicanangkannya Program Bulan Bhakti Dasawisma yang dilaksanakan setiap tahun, memberi dampak di lingkungan masyarakat terhadap keberhasilan kader PKK/Dasawisma. Hal ini juga sebagai motivasi bagi warga kelompok dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK di masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, PKK memiliki peran amat penting dalam membina sikap perilaku masyarakat, terutama dalam pembinaan karakter anak sejak usia dini, peningkatan pendidikan dan ekonomi serta penanganan dalam pelayanan kesehatan.

Oleh karena itu, jajaran PKK dituntut untuk peka terhadap kenyataan maupun masalah seperti ini, serta mengambil langkah melalui pengembangan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan PKK sesuai dengan 10 Program Pokoknya yang mampu secara langsung mengatasi masalah keluarga dan masyarakat melalui kelompok PKK RT, RW dan Kelompok Dasawisma. Dalam menunjang kelancaran 10 Program Pokok PKK yang sangat terkait dengan program OPD untuk mewujudkan keluarga sejahtera lahir dan batin.

“Kami selaku Pembina Tim Penggerak PKK, akan selalu memberikan perhatian dan berupaya untuk menyukseskan program atau kegiatan-kegiatan PKK. Karena peran PKK sangat dirasakan sekali oleh masyarakat, mulai dari dari Ketua Dasawisma, Kelompok PKK RT/RW dan Pengurus TP-PKK Kelurahan yang selalu berhubungan langsung dengan masyarakat,” ujar Wako.

Untuk kelancaran pelaksanaan Program PKK, Kami selaku Pembina selalu menganggarkan dana melalui OPD yang mewadahi PKK.Pada Pengurus TP-PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan juga rekan-rekan OPD, untuk dapat mendampingi penilaian ini, agar dalam penilaian nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kepada Tim Penilai kami harapkan disamping penilaian dapat juga memberikan pembinaan demi suksesnya PKK di masa depan,” ujar wako.

Ketua TP-PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian Umar mengucapkan selamat datang kepada Ketua TP PKK Provinsi Sumbar bersama rombongan di Kota Solok.

Gerakan PKK tumbuh dari bawah, tumbuh dari, oleh dan tumbuh untuk masyarakat. PKK sudah terbukti memberikan manfaat untuk masyarakat.

TP PKK Kota Solok dalam melaksanakan program kerja selalu berpedoman pada Juklak dan Juknis. Kita telah melaksanakan bimbingan kepada Pokja I sampai Pokja IV.

Tahun ini, TP PKK Kota Solok akan diwakili oleh Kelurahan Tanah Garam dalam penilaian Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar. Kepada tim penilai dari provinsi, Kami mohon arahan dan bimbingan. Jika ada kekurangan akan kita perbaiki untuk kesejahteraan masyarakat Kota Solok.

Ketua TP PKK Sumbar, Harnelli Mahyeldi mengatakan, Kota Solok merupakan daerah kelima yang dikunjungi dalam penilaian. Semua daerah sangat luar biasa dalam menyiapkan diri untuk lomba Gerakan TP PKK berprestasi tingkat Sumbar ini.

Kami yakin persiapan Kota Solok sudah matang. Setelah melakukan penilaian tingkat Kota Solok, terpilihlah Kelurahan Tanah Garam mewakili dalam tingkat provinsi.

Kita tidak hanya terfokus kepada juara saja, namun merupakan evaluasi sejauh mana 10 program pokok PKK terealisasi di Kota Solok serta sejauh mana TP PKK mengambil peran sebagai mitra yang benar-benar menyukseskan program pemerintah.