Walikota: Pramuka Ciptakan Generasi Muda Cerdas, Beriman dan Bertanggung Jawab

PADANG, KABARSUMBAR – Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, bertanggungjawab, terampil, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pengalaman telah membuktikan, bahwa kegiatan kepramukaan berdampak positif dalam mengatasi berbagai masalah dan tantangan kaum muda. Di samping itu juga mampu membentuk karakter sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam ‘Satya Pramuka dan Darma Pramuka’.

Demikian disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang juga Ketua Majelis Pimpinan Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Padang sewaktu membuka Jambore Cabang Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padang Tahun 2018 di Bumi Perkemahan Pramuka Padang Besi, Rabu sore (26/12).

Menurut walikota, bagi para adik-adik Pramuka tentunya merasa bangga ketika berseragam Pramuka dan pasti pula akan memberikan contoh teladan sebagai anggota Pramuka yang baik di tengah-tengah masyarakat. Sebagaimana proses pendidikan kepramukaan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan, sehat, teratur serta terarah yang dilakukan di alam terbuka.

“Salah satunya seperti kegiatan Jambore yang adik-adik pramuka ikuti ini,” sebutnya.

Mahyeldi menjelaskan, Jambore merupakan pestanya Pramuka penggalang. Melalui kegiatan ini banyak manfaat bisa didaptkan peserta khususnya bagi pengembangan generasi muda ke depan.

Hal itu sesuai dengan arti lambang Gerakan Pramuka yakni “Tunas Kelapa” yang melambangkan bahwa setiap anggota Pramuka hendaknya serba guna, seperti kegunaan seluruh bagian pohon kelapa.

“Keyakinan ini harus kita dapatkan sebagai pendorong untuk selalu berusaha dan melakukan kreativitas. Demi perkembangan kepribadian, kemandirian dan kepercayaan diri. Sehingga pada akhirnya adik-adik menjadi generasi muda yang berguna dan bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan negara. Untuk itu terima kasih kepada semua panitia pelaksana dan selamat mengikuti Jambore bagi adik-adik Pramuka semua,” tukasnya mengakhiri.

(Putri Caprita)

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...