Waspadai Gempa Susulan, Ini Penjelasan Pakar UNP

Pakar Universitas Negeri Padang (UNP), Rusnardi, Ph,  D. Eng (kiri) saat berfoto bersama dengan Prof Andrew dari University Wellington. Foto : Dok Facebook
Pakar Universitas Negeri Padang (UNP), Rusnardi, Ph, D. Eng (kiri) saat berfoto bersama dengan Prof Andrew dari University Wellington. Foto : Dok Facebook

PADANG, KABARSUMBAR – Pakar Gempa Universitas Negeri Padang (UNP) Rusnardi memberi penjelasan jika gempa yang terjadi pada 21 Juli 2018 pukul 02.58 WIB dan 14.58 WIB merupakan dua gempa berbeda.

“Meskipun mekanismenya hampir sama yaitu hasil subduct dari Indo Australian dan sama memiliki intra plate yaitu stable plate,” kata Rusnardi, di Padang, Minggu (22/7/2018).

Ia mengatakan, walau memiliki kesamaan, namun Gempa yang terjadi dalam sehari tersebut dengan waktu yang berbeda merupakan gempa independen.

“Maksudnya, tidak memiliki hubungan sama sekali dan tidak saling memunculkan. Hal tersebut dilihat berdasarkan dari pergerakan plat sama sama, namun tidak memunculkan tsunami,” ujarnya.

Hal yang menjadi kekuatiran pihaknya saat ini adalah kemungkinan akan adanya potensi gempa baru, bahkan sebaliknya yang diperkiraan terjadi pada Fault Line atau sepanjang jalur dan patahan aktif antara danau Singkarak dan danau diatas.

“Ini bisa saja terjadi, akibat dari dua gempa dangkal dan Gempa yang terjadi pada 21 Juli 2018 pukul 14.58 lalu,” kata dia.

Dari katalog gempa “United States Geological Survey” (USGS) menginformasikan, gempa tersebut pernah terjadi di tahun 1988, 2007 dan 2017 dengan magnitude dibawah 5.5 Skala Richter.

“Meskipun skala gempanya dibawah 6 Skala Richter dan dangkal sekali 10 kilometer, tetapi bisa memunculkan guncangan yang intensitasnya dapat merusak dan menghancurkan bangunan disekitarnya,” jelasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang tinggal pada sekitar jalur-jalur patahan aktif, terutama antara danau Singkarak dan danau diatas, sebaiknya tetap ditingkatkan kewaspadaannya.

[Putri Caprita]

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...