Wow! Tari Piring Menarik Perhatian dibeberapa Ajang Kancah Internasional

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi tari piring di Georgia

Padang – Suku Minangkabau memiliki sejuta pesona. pesona Minang bukan hanya terlihat dari destinasi wisata, akan tetapi kebudayaan, kulinernya yang lezat, etnis yang beragam, serta berbagai kesenian dalam segi tarian. pesona yang satu ini bukan hanya terkenal di Nusantara, akan tetapi melegit hingga kancah internasional.

Tari Piring, Termasuk Tujuh Seni Tarian Indonesia yang Mendunia

Tari Piring ini merupakan tarian khas Minang yang memiliki pesona tersendiri sehingga membuatnya terkenal hingga ke Internasional. Pada awalnya, Tari Piring ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.

Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis. Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi Tari Piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur. Akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.

Baca Juga :  Kampuang Sakato Gelar Pameran Senirupa Tambo #2

Nah, ini dia beberapa negara yang disinggahi oleh tari piring. Yuk simak

1. Tari Piring Bejamba di Kota Veliko Tarnovo, Bulgaria

Foto : Tari piring di Bulgaria

Tari piring berhasil menyabet juara utama. Lima orang anggota Galang Dance Community dari Padang, Sumatera Barat, pimpinan Deslenda, memenangi medali emas pada kejuaraan World Cup of Folklore pada acara yang digelar 10 hingga 20 Mei 2018.

2. ​Tari piring di Okayama, Jepang

Foto: Ilustrasi tari piring di Jepang

Tari Piring dari provinsi Sumatera Barat menjadi magnet bagi pengunjung kegiatan Cross-Cultural Understanding Event, yang diselenggarakan di Okayama, Jepang 25 Januari 2020. Tarian tersebut ditampilkan oleh tim kesenian yang datang secara langsung dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Sumatera Barat. Tarian tersebut mengundang tepuk tangan panjang dari sekitar 200 penonton yang hadir.

3. Juara Umum Festival Tari Internasional, XIX International Dance Festival 2012 di Polandia

Foto: Ilustrasi tari piring di Polandia

Kontingen Duta Seni Indonesia, yang diwakili oleh SMP Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan berhasil dinobatkan sebagai Juara Umum Festival Tari Internasional, XIX International Dance Festival 2012.

Baca Juga :  Raja Black Panther Tutup Usia, Begini Penjelasnnya!

Dalam even ini, tim Indonesia menampilkan 3 tarian tradisional khas Nusantara, yaitu tari Saman, tari Tor-tor dan tari Piring.

International Dance Festival ini adalah festival tahunan yang diperuntukkan bagi peserta dari seluruh dunia, dengan rentang usia 7 – 22 tahun.

Atas kemenangannya, tim Indonesia berhak mendapatkan piala kehormatan dan uang tunai senilai 300 Euro.

4. Festival International Art Festival 12 Juli 2020 Golden Water Fall Competition, Kota Batumi, Georgia

Foto: Ilustrasi tari piring di Georgia

SMA Negeri 70 Jakarta, dalam Festival International Art Festival, Golden Water Fall Competition, Kota Batumi, Georgia, membuat harum nama Indonesia dengan berhasil membawa piala dan medali Grand Prix dalam semua kategori dan Juara 1 dalam kategori Youth folk dance. Mereka menampilkan Tari Piring yang dibawakan secara Medley.

  • Bagikan