Zulmiyetti Zul Elfian Dilantik Menjadi Ketua Dekranasda Kota Solok

  • Bagikan

Kota Solok – Bertempat di Auditorium Gubernuran, Rabu 3 Maret 2021, Hj. Zulmiyetti Zul Elfian, dilantik menjadi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Solok masa bhakti 2021-2024 oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat Hj.Harneli Mahyeldi.

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Asben Hendri, Ketua GOW Kota Solok Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok Bujang Putra, serta tamu undangan lainnya.

Pelantikan Ketua Dekranasda Kota Solok untuk kedua kalinya itu, bersamaan dengan pelantikan Ketua Dekranasda Kabupaten Agam, Dekranasda Kabupaten Dharmasraya, Dekranasna Kabupaten Pasaman, Dekranasda Kabupaten Pasaman Barat, Dekranasda Kabupaten Tanah Datar, Dekranasda Kota Bukittinggi, Dekranasda Kabupaten Lima Puluh Kota, Dekranasda Kabupaten Padang Pariaman, Dekranasda Kabupaten Pesisir Selatan dan Dekranasda Kabupaten Sijunjung.

Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldi dalam sambutannya mengatakan, ketua Dekranasda kabupaten dan kota yang baru saja dilantik, diharapkan untuk dapat merangkul semua elemen guna mengembangkan dekranasda di daerah masing-masing.

Produk kerajinan di Sumbar mempunyai potensi yang tinggi, dan dapat menjadi potensi mata pencarian sampingan bagi masyarakat.

“Bahkan, saat ini Provinsi Sumatera Barat dijadikan sentra sulam dan bordir Indonesia. Ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Hasil karya Sumbar telah diakui oleh dunia. Untuk itu, kita harus terus menjaga dan mengembangkan kerajinan ini,” harap Audy.

Kedepannya, diminta kepada dekranasda setiap daerah untuk bekerja lebih keras lagi dalam mengenalkan hasil karya baik itu di tingkat lokal maupun internasional.

Wagub juga berjanji akan memajang hasil karya dari Dekranasda seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat.

“Kita akan memajang hasil kerajinan dan hasil makanan dekranasda setiap daerah untuk dipromosikan di Provinsi Sumatera Barat. Jadi apabila ada tamu dari luar daerah, akan langsung dapat melihat dan diharapkan akan tertarik untuk segera membelinya,” sebut wagub.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Hj.Harneli Mahyeldi, mengucapkan selamat kepada Ketua Dekranasda masa bhakti 2021-2024 yang baru saja dilantik.

Amanah tersebut agar dapat dilanjutkan dan dijalankan dengan sebaik-baiknya. Pelantikan ini bukan hanya seremonial belaka, namun dibalik itu terdapat tanggung jawab besar dalam mengembangkan produk kerajinan lokal daerah.

“Setiap ketua Dekranasda di daerah harus berusaha kerja keras dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan produk industri kerajinan ditengah pandemi Covid-19,” sebutnya.

Dijelaskan Ny.Harneli Mahyeldi, Dekranasda dalam menjalankan fungsinya yakni membantu pemerintah dalam menggali, melestarikan dan membina kerajinan di daerah.

“Segala inovasi desain ditengah revolusi industri 4.0 harus dimaksimalkan. Sehingga, hasil kerajinan dapat bersaing baik di tingkat lokal maupun di mancanegara,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Solok Hj.Zulmiyetti Zul Elfian seusai pelantikan, mengucapkan ribuan terimakasih kepada masyarakat Kota Solok yang selama ini telah memberikan bantuan tenaga dan pemikiran untuk kemajuan Dekranasda Kota Solok selama ini.

“Semoga kedepannya, Dekranasda Kota Solok akan semakin lebih jaya dan lebih maju,” tutup Hj.Zulmiyetti Zul Elfian.

 

  • Bagikan