Garuda Indonesia Larang Penumpang Ambil Foto dalam Kabin Pesawat

JAKARTA, KABARSUMBARGaruda Indonesia mengeluarkan kebijakan mengimbau penumpang untuk tidak mengambil foto maupun video didalam kabin pesawat. Surat pemberitahuan itu ditandatangani pada Selasa 16 Juli 2019.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, penumpang diminta menghormati privasi penumpang lain, dan awak pesawat yang sedang bertugas.

Sebab, Rosan mengaku ada penumpang yang merasa tidak nyaman dengan aktivitas tersebut.

“Garuda Indonesia berkomitmen untuk menjaga privasi seluruh penumpang dan awak pesawat,” kata Rosan dikutip dari Kompas.

“Imbauan ini juga didasarkan atas laporan, saran dan masukan pelanggan/penumpang yang merasa tidak nyaman dan terganggu dengan adanya pengambilan gambar dan kegiatan dokumentasi tanpa izin sebelumnya dari yang bersangkutan,” jelas Rosan

Rosan menyebut, jika imbauan itu dibuat hanya untuk melindungi hak kenyamanan dan hak privasi para penumpang dalam pesawat.

Selain itu, pihaknya juga untuk memastikan seluruh operasi penerbangan Garuda Indonesia seusai dengan aturan, dan aturan perundangan–undangan yang berlaku, termasuk UU ITE.

Berikut isi surat pemberitahuan Garuda Indonesia perihal imbauan kepada penumpang :

  1.  Penumpang diimbau dan dimohon tidak mengambil gambar, baik foto dan video atau mendokumentasikan segala kegiatan di dalam kabin pesawat selama penerbangan. Tidak mengambil gambar dalam pesawat dimaksudkan untuk menjaga privasi para penumpang dan awak kabin. Baca juga: Penjelasan Garuda soal Penumpang Diminta Tak Foto dan Video di Pesawat
  2. Menghindarkan komplain dari para penumpang lain atas kegiatan pengambilan gambar oleh salah satu penumpang tanpa izin.
  3. Imbauan ini dimaksudkan agar seluruh operasi penerbangan Garuda Indonesia comply dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku termasuk UU Penerbangan dan UU ITE, dan UU terkait lainnya.

Banyak pihak yang berspekulasi, jika aturan itu keluar setelah viralnya video seorang youtuber memperlihatkan menu makanan di Garuda Indonesia ditulis dengan tangan.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.